Loading...
EKONOMI
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 06:36 WIB | Kamis, 22 Januari 2015

Toyota Masih Mendominasi Pasar Otomotif Dunia

Foto: Istimewa

TOKYO, SATUHARAPAN.COM - Toyota melaporkan telah menjual 10,23 juta mobil sepanjang tahun lalu, melampaui General Motors dan Volkswagen untuk tetap menjadi produsen otomotif terbesar dunia, namun prospek kurang baik pada 2015 dapat membuat produsen asal Jepang itu kehilangan gelar juaranya.

Dalam laporannya pada Rabu (21/1), rekor jumlah penjualan tahunan global Toyota mengalahkan Volkswagen, yang mencatat penjualan sebesar 10,14 juta mobil, dan GM dari Amerika Serikat (AS), yang berhasil menjual 9,92 juta unit tahun lalu.

Namun Toyota juga mengatakan penjualan diperkirakan dapat turun pada tahun ini sebesar 10,15 juta mobil, yang kemungkinan menurunkan peringkatnya di bawah Volkswagen yang memanfaatkan momentum di pasar negara berkembang yang bisa menjadi pemimpin utama dalam penjualan otomotif global untuk pertama kalinya. 

Toyota mengalahkan dominasi GM selama beberapa dekade sebagai produsen otomotif penting dunia pada 2008 namun kehilangan takhta tiga tahun kemudian saat bencana gempa tsunami Jepang menghambat produksi dan merusak jalur suplai produsen otomotif dari negeri sakura tersebut. 

Namun, pada 2012 pihaknya kembali mengalahkan rivalnya asal Detroit, yang menjual Chverolet dan merek mobil mewah Cadillac.

Toyota meningkatkan tahun anggarannya sampai Maret dengan prediksi laba hingga dua triliun yen (sekitar Rp 212,8 triliun), dan mengatakan pendapatannya akan mencapai 26,5 triliun yen (sekitar Rp 2,82 kuadriliun), saat pihaknya mengalami peningkatan hasil di Amerika Utara saat penurunan drastis nilai yen menyentuh level terendahnya. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home