Loading...
Penulis: Sabar Subekti 13:49 WIB | Jumat, 25 September 2015

Tragedi Mina: Pemimpin Dunia Ungkapkan Belasungkawa

Paus Fransiskus. (Foto: Ist)

SATUHARAPAN.COM – Beberapa pemimpin dunia mengeluarkan pernyataan dan menyampaikan belasungkawa terkait tragedi desak-desakan pada ibadah haji di Mina, Arab Saudi yang menewaskan sedikitnya 717 orang dan 863 lainnya terluka pada hari Kamis (24/9). Para pemimpin dunia itu menyampaikan bela sungkawa bagi dunia Muslim.

Paus Fransiskua yang tengah berkunjung ke Amerika Serikat menyampaikan rasa "kedekatan" dengan umat Islam di dunia pada hari Kamis setelah lebih dari 700 jamaah tewas dalam desak-desakan di luar kota suci Islam, Mekkah. Ini merupakan bencana terburuk dalam desak-desakan pada ibadah haji tahunan dalam seperempat abad terakhir.

Dia berbicara dalam ibadah dan doa malam di  Katedral St. Patrick di New York. Paus asal Argentina itu mengungkapkan "perasaan dan kedekatan dalam menghadapi tragedi itu yang diderita orang hari ini di Mekkah."

"Pada saat ini aku berdoa, aku sendiri bergabung dengan Anda semua dalam doa kepada Allah, Bapa kita, semoga semua kuat dan penuh belas kasihan," kata Paus.

Raja Salman

Sementara itu, Raja Arab Saudi, menyampaikan belasungkawa yang mendalam bagi keluarga korban yang terinjak-injak dalam isiden Mina.  Dia menyebut keluarga para suhada belasungkawa yang hangat dan berharap pemulihan cepat bagi yang terluka.

"Kecelakaan menyedihkan. Dan kami telah menginstruksikan otoritas bersangkutan untuk memulai penyelidikan dan memberikan hasilnya secepat mungkin," kata raja.

Dia menambahkan bahwa meskipun hasil penyelidikan itu akan keluar, namun dia meminta untuk mengembangkan dan peningkatan mekanisme dan cara kinerja pejabat pada musim haji tidak berhenti.

Raja berjanji bahwa semua kesulitan dan hambatan akan diatasi untuk memungkinkan para tamu Allah itu melakukan ibadah mereka dengan kenyamanan dan memastian sebagai "tugas dan tanggung Jawab kami yang besar dalam pelayanan bagi para tamu Allah, yang adalah suatu kehormatan bagi kami, dan meminta Allah SWT untuk membantu kami berhasil dalam memenuhi tugas besar dan mulia ini."

Sekjen PBB

Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa dia "sangat sedih dan belajar dari kematian lebih dari 700 jemaah haji dan banyak yang cedera akibat insiden mematikan di Mina, Kerajaan Saudi Saudi.

Insiden tragis ini lebih menyedihkan karena terjadi pada hari pertama  dalam perayaan Idul Adha menandai akhir musim haji tahun ini, kata dia.

Dia menyampaikan belasungkawa yang tulus bagi keluarga korban dan mengungkapkan simpatinya kepada pemerintah Arab Saudi.

Amerika Serikat

Amerika Serikat juga mengungkapkan belasungkawa terdalam untuk keluarga korban dan ratusan jamaah haji yang terluka dalam insiden desak-desakan di Mina, Arab Saudi, yang disebutnya memilukan.

Pernyataan Amerika Serikat itu disampaikan melalui juru bicara Keamanan Nasional Gedung Putih,  Ned Price.

"Di tengah-tengah umat Islam di seluruh dunia terus merayakan Idul Adha, kami bergabung dengan Anda dalam berduka karena kehilangan jemaah dalam tragedi ini," katanya.

Pernyataan belasungkawa juga disampaikan oleh Perdana Menteri Inggris David Cameron. (Al Arabiya)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home