Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 09:45 WIB | Jumat, 23 April 2021

Transformasi Masa Depan Anak Melalui Coding

K-12 Computer Science Education Fair 2021

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Ir Antono Yuwono, Ketua BPK PENABUR Jakarta mengatakan bahwa sejak dimulainya era perkembangan teknologi dan internet, dunia berubah begitu cepat. Segala sesuatu yang kita nikmati terjadi relatif pesat yakni hanya dalam kurun waktu 20 tahun belakangan.

“Penguasaan computer science pada abad 21 pun menjadi sangat dibutuhkan di segala sektor industri di Indonesia maupun dunia secara global,” kata Antono Yuwono dalam keterangan resminya, hari Jumat (23/4).

Kemdikbud, kata Antono, telah menetapkan empat kompetensi yang wajib dipelajari di sekolah ke dalam kurikulum nasional yakni Bahasa Inggris, Statistika, Psikologi, dan Coding

Coding menjadi salah satu bagian dari computer science untuk mengembangkan kemampuan computational thinking peserta didik di Indonesia,” kata Antono.

Menyikapi hal tersebut, BPK PENABUR Jakarta melakukan sebuah langkah yang lebih intens untuk menggarap kemampuan computational thinking peserta didik melalui ajang kompetisi coding.

“Kami berharap agar generasi penerus bangsa di masa depan menjadi pemain handal di bidang teknologi,” ujar Antono.

K-12 Computer Science Education Fair 2021 merupakan ajang perlombaan bagi peserta didik serta edukasi kepada orang tua, guna mengembangkan pengetahuan serta kemampuan computer science peserta didik ke depan.

Acara yang diselenggarakan pada 23-24 April 2021 oleh BPK PENABUR Jakarta dan Coding Bee Academy tersebut disiarkan langsung dari YouTube Channel BPK PENABUR Jakarta, serta memiliki tiga rangkaian kegiatan besar, antara lain:

PENABUR Kids Fest “Indonesian Little Transformers”: ‘Lomba Proyek Anak Pembelajaran Abad 21 Tingkat KB, TK A, dan TK B’, Code Olympiad “New Normal Life”, dan Talk Show: “Let’s Transform Children’s Future!”.

 Sebanyak 1.211 peserta didik jenjang TK-SMA telah mendaftarkan diri sejak Februari hingga Maret 2021. Para peserta didik berasal dari berbagai daerah di Indonesia yakni Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok, Bogor, Serang, Bandung, Purwokerto, Mojokerto, Semarang, Surabaya, Bali, Medan, Jambi, Padang, Kutai, dan Samarinda.

PENABUR Kids Fest “Indonesian Little Transformers”

Margarita Inuk, Kepala Jenjang TKK PENABUR Jakarta mengatakan peserta didik jenjang Taman Kanak-Kanak telah mendaftarkan diri mengikuti ‘Lomba Proyek Anak Pembelajaran Abad 21 Tingkat KB, TK A, dan TK B’, sekaligus pengumpulan video hasil karya mereka sesuai dengan tema yang diusung pada 31 Maret 2021.

“Untuk jenjang Kelompok Bermain (KB) tema yang diangkat adalah “Science Project”, TK A “Save the Earth”, dan TK B “New Normal”,” katanya.

Video yang telah dikumpulkan para peserta tadi juga telah melewati tahapan penjurian pada 6-16 April 2021, dan pengumuman pemenang disiarkan langsung dari YouTube Channel BPK PENABUR Jakarta pada 23 April 2021 https://www.youtube.com/watch?v=m45lt3RfJRI.

“Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemampuan 4C yakni Creativity, Critical Thinking, Collaboration, dan Communication para peserta didik. Tema-tema yang diangkat juga tema yang dekat dengan anak,” jelas Margarita Inuk.

Lomba tersebut merupakan rangkaian dari PENABUR Kids Fest yang mengusung tema “Indonesian Little Transformers”.

Code Olympiad “New Normal Life”

Selain perlombaan di atas, diadakan juga Code Olympiad yang ditujukan untuk peserta didik jenjang TK-SMA dengan tema “New Normal Life”.

Untuk jenjang TK perlombaan dibagi menjadi dua yakni Parents Team Up dan Solo Project. Para peserta telah mendaftarkan diri sejak 23 Maret 2021 dan sudah melewati babak semifinal untuk Solo Project dari 5 s/d 16 April 2021. Untuk Parents Team Up, pengumpulan project juga telah berjalan pada 11 April 2021.

Lalu, untuk jenjang SD-SMA pendaftaran sudah berlangsung sampai 15 Februari 2021 dan para peserta telah melewati tahapan semifinal pada 5 Maret 2021, serta pengumuman grand finalist pada 16 April 2021.

Pada 24 April 2021 para peserta dari jenjang TK-SMA yang memasuki babak final pun mempresentasikan hasil karya mereka dihadapan dewan juri, dilanjutkan dengan pengumuman pemenang yang disiarkan langsung dari YouTube Channel BPK PENABUR Jakarta https://www.youtube.com/watch?v=OfGbIGjRX-c.

Talk Show: “Let’s Transform Children’s Future!”

Sebelum memasuki babak final dari Code Olympiad, diadakan Talk Show: “Let’s Transform Children’s Future!”.

Para pembicara yang hadir di dalam talk show yakni:

Djajeng Baskoro, Widyaprada Ahli Utama dan Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Provinsi Jawa Tengah Kemdikbud RI

Leonardo Ortiz Villacorta, Vice President of International Partnership Code.org

Jake Bell, International Partenrships Manager Code.org

Adri Lazuardi, Ketua Umum Yayasan BPK PENABUR

Antono Yuwono, Ketua BPK PENABUR Jakarta

Kumalasari Onggobawono, Kepala Divisi Pendidikan BPK PENABUR Jakarta

Catherine F. Alimsyah, Chief of Operation Officer Coding Bee Academy

Christian Fredy, Dosen Universitas Katolik Parahyangan

Para peserta didik serta orang tua berterima kasih kepada BPK PENABUR Jakarta dan Coding Bee Academy yang menyelenggarakan ajang “K-12 Computer Science Education Fair 2021”.

Milanny Halim, salah satu orang tua dari peserta didik TKK 11 PENABUR berharap agar setelah mengikuti perlombaan dari rangkaian acara tersebut, anaknya Emma dapat meningkatkan kreativitas serta mampu menyelesaikan suatu permasalahan dengan lebih sistematis.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home