Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Reporter Satuharapan 15:01 WIB | Kamis, 14 Juni 2018

Trio Meksiko, AS, dan Kanada Tuan Rumah Bersama Piala Dunia 2026

Ilustrasi. Logo FIFA. (Fot: Dok satuharapan.com/CNBC)

MOSKWA, SATUHARAPAN.COM – Perhelatan Piala Dunia 2026 akan digelar bersama di tiga negara, yaitu Meksiko, Amerika Serikat, dan Kanada, setelah kongres FIFA di Moskwa, Rabu (13/6), dengan suara meyakinkan mendukung pencalonan ketiga negara itu.

Keputusan itu membuat Maroko gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia untuk kelima kalinya.

Trio negara di Amerika Utara meraih 134 suara sedangkan Maroko didukung oleh 65 suara dengan satu peserta kongres mengatakan tidak memilih keduanya.

“Terima kasih sudah mempercayakan kepada kami untuk menyelenggarakan Piala Dunia 2026,”kata Carlos Cordiero, presiden federasi sepak bola Amerika Serikat.

Penyelenggaraan Piala Dunia 2026 akan diikuti oleh 48 tim, bertambah 16 dari 32 tim yang selama ini berlaku.

Pemungutan suara didahului dengan presentasi calon tuan rumah selama 15 menit di depan seluruh peserta kongres di Moscow Expocentre.

Meksiko-AS-Kanada mengatakan turnamen akan membukukan keuntungan US$11 miliar sementara Maroko mengatakan keuntungan yang akan diraih adalah US$5 miliar.

Meski untuk pertama kalinya digelar di tiga negara, sebagian besar pertandingan akan digelar di Amerika Serikat.

Dari total 80 pertandingan, 10 laga dilangsungkan di Kanada, 10 di Meksiko, dan 60 di Amerika Serikat.

Laga babak final akan digelar di Stadion MetLife di New Jersey, yang juga dikenal sebagai kandang klub NFL, New York Giants, dan New York Jets.

Kemenangan bagi Infantino?

Amerika Serikat pertama kali menjadi tuan rumah pada 1994 sementara Meksiko sudah dua kali menjadi tuan rumah, yaitu pada 1970 dan 1986.

Kanada belum pernah menjadi tuan rumah walau pada 2015 menyelenggarakan Piala Dunia untuk tim putri.

Kanada belum pernah menjadi tuan rumah namun pada 2015 negara ini menyelenggarakan Piala Dunia untuk tim putri.

FIFA terakhir kali menentukan tuan rumah Piala Dunia pada 2010 ketika memutuskan Piala Dunia 2018 diselenggarakan di Rusia dan Piala Dunia 2022 digelar di Qatar.

Beberapa pengurus FIFA kemudian dilarang aktif di sepak bola setelah terlibat skandal korupsi pada 2015.

FIFA sekarang menggunakan sistem baru untuk menentukan tuan rumah Piala Dunia dengan anggota federasi yang berhak memilih dan hadir di acara kongres mendapat satu suara.

Hasil ini juga dianggap sebagai kemenangan bagi presiden FIFA Gianni Infantino yang secara pribadi ingin Piala Dunia 2026 digelar di kawasan Amerika Utara.

Pengumuman tuan rumah Piala Dunia 2026 diumumkan sehari menjelang pertandingan pertama Piala Dunia 2018, yang mempertemukan tuan rumah Rusia dan Arab Saudi pada Kamis (14/6) pukul 14.00 waktu setempat. (bbc.com)

Editor : Sotyati


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home