Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:40 WIB | Sabtu, 02 November 2019

Trump Unggah Foto Palsu Anjing Ikut Operasi Memburu Al-Baghdadi

Foo asli Trump memberikn medali kehormatan untuk James McCloughan, dan foto palsu yang mengganti dengan gambar baru anjing yang disebutkan namany: Conan. (Foto: dari The Guardian)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mentweet gambar palsu dirinya yang memberikan medali kehormatan kepada anjing militer yang disebutkan terlibat dalam serangan yang membunuh pemimpin Negara Islam (ISIS), Abu Bakr al-Baghdadi, dan tampaknya merahasiakan nama anjing itu.

Gambar, yang tampaknya diproduksi oleh Daily Wire, sebuah situs konservatif, adalah versi yang diubah dari foto Trump yang sebenarnya ketika tahun 2007 memberikan medali kehormatan kepada James McCloughan, seorang pensiunan tentara medis yang terhormat karena menyelamatkan nyawa 10 orang selama perang Vietnam, menurut laporan New York Times.

Medali kehormatan adalah penghargaan militer paling bergengsi yang diberikan kepada anggota layanan AS untuk tindakan keberanian yang luar biasa.

Dalam gambar yang di-tweet oleh presiden AS, kepala McCloughan telah digantikan dengan kepala anjing, disebut dalam laporan media sebagai "Conan", dengan lidahnya menjulur keluar dari mulutnya.

Ketika Trump pertama-tama menge-tweet foto anjing itu pada hari Selasa, ia mengatakan gambar anjing itu tidak diklasifikasikan, tetapi namanya tidak disebut. Tetapi pada hari Kamis pagi, dia muncul untuk mengkonfirmasi nama anjing itu adalah Conan, tanpa mengatakan apakah itu tetap rahasia. Dia juga mengatakan anjing itu akan meninggalkan Timur Tengah ke Gedung Putih pekan depan.

McCloughan tertawa ketika seorang wartawan Times menunjukkan kepadanya dua gambar. “Anjing-anjing militer “sangat berani”, katanya.

Itu bukan hal pertama tentang anjing dengan ketenaran. Pada hari Selasa, Trump tweeted foto lain dari hewan "luar biasa" itu, yang terluka selama serangan di kompleks al-Baghdadi di Suriah.

Sekretaris pertahanan, Mark Esper, mengatakan bahwa anjing itu "melakukan pelayanan yang luar biasa, seperti yang mereka semua lakukan".

Pentagon memberikan informasi lebih lanjut tentang hewan militer pada hari Rabu, dan mengatakan bahwa hewan itu terluka setelah terkena kabel listrik, dia hidup dan telah kembali aktif bertugas.

Jenderal Frank McKenzie, yang memimpin Komando Pusat AS, mengatakan kepada wartawan bahwa anjing itu terluka ketika bersentuhan dengan kabel ketika mengejar al-Baghdadi di sebuah terowongan di bawah kompleks di Suriah barat laut, menurut laporan The Guardian.

Pentagon belum merilis nama anjing itu. McKenzie mengatakan anjing itu telah bekerja dengan pasukan operasi khusus selama empat tahun dan mengambil bagian dalam sekitar 50 misi. Dia mengatakan anjing yang bekerja seperti ini adalah "anggota penting dari pasukan kita".

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home