Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:18 WIB | Sabtu, 01 Januari 2022

Tunisia: Aparat Keamanan Menahan Pejabat Senior Partai Ennahda

Pasukan keamanan berdiri di luar markas besar partai Ennahda Tunisia setelah kebakaran terjadi di gedung di Tunis, pada 9 Desember 2021. (Foto: dok. Reuters)

TUNIS, SATUHARAPAN.COM-Pasukan keamanan Tunisia menahan seorang pejabat senior dari partai terbesar di parlemen yang ditangguhkan untuk pertama kalinya sejak Presiden Kais Saied merebut kekuasaan pemerintahan pada Juli, kata partai itu.

Ennahda moderat, yang menuduh Saied melakukan kudeta karena membekukan parlemen dan mengumpulkan kekuasaan, mengatakan agen berpakaian preman menangkap Noureddine Bhairi pada hari Jumat (31/12) pagi dan membawanya pergi.

Ia menyebut penangkapan itu sebagai preseden yang berbahaya.

Pemerintah dan layanan keamanan tidak segera tersedia untuk berkomentar.

Saied telah berjanji untuk menegakkan hak dan kebebasan yang dimenangkan dalam revolusi Tunisia 2011 yang mengantarkan demokrasi dan memicu pemberontakan Musim Semi Arab di seluruh wilayah.

Namun, ia mengesampingkan konstitusi demokratis 2014 dan dia membiarkan kekuasaan untuk memerintah melalui dekrit selama masa transisi di mana ia akan menawarkan konstitusi baru untuk referendum publik.

Ennahda, yang memiliki jumlah kursi terbanyak di parlemen yang ditangguhkan, dilarang sebelum revolusi tetapi kemudian menjadi partai yang paling berpengaruh secara konsisten setelahnya dan menjadi anggota pemerintahan koalisi berturut-turut.

Namun, ketika ekonomi Tunisia mengalami stagnasi dan sistem politiknya mengalami kelumpuhan dalam beberapa tahun terakhir, dukungan untuk partai tersebut berkurang dan meskipun ia menjadi yang pertama dalam pemilihan parlemen 2019, ia memenangkan suara yang jauh lebih sedikit daripada tahun-tahun sebelumnya.

Sejak intervensi Saied pada bulan Juli, beberapa politisi senior dan pemimpin bisnis telah ditahan atau dikenai tuntutan hukum, seringkali karena tuduhan terlibat kasus korupsi atau pencemaran nama baik.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia telah mengkritik beberapa dari penangkapan itu dan penggunaan pengadilan militer untuk mengadili kasus-kasus seperti itu.

Namun, tidak ada kampanye penangkapan yang meluas terhadap kritikus Saied atau pembangkang lainnya dan kantor berita negara terus melaporkan berita yang tidak menguntungkan pemerintah. (Reuters)

 

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home