Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:22 WIB | Kamis, 01 Juni 2023

Turki: Erdogan Menang Pemilihan Presiden, Menjabat Tiga Periode

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memberi isyarat saat berbicara kepada para pendukungnya menyusul hasil exit poll awal untuk putaran kedua pemilihan presiden di Istanbul, Turki 28 Mei 2023. (Foto: Reuters)

ANKARA, SATUHARAPAN.COM-Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengumumkan kemenangan pemilihan presiden putaran kedua pada hari Minggu (28/5) yang merupakan tantangan terberat dari pemerintahannya selama dua dekade.

“Kami akan memerintah negara selama lima tahun mendatang,” kata Erdogan kepada para pendukungnya yang bersorak sorai dari atas bus di distrik asalnya di Istanbul. “Insya Allah, kami akan layak mendapatkan kepercayaan Anda.”

Erdogan berterima kasih kepada orang-orang yang telah memberikan suara dan mengatakan dia menyelesaikan pemilihan putaran kedua hari Minggu melawan penantang Kemal Kilicdaroglu dengan dukungan mereka.

Hasil akhir resmi belum dirilis, tetapi data berdasarkan sebagian besar kotak suara yang dihitung menunjukkan Erdogan memimpin dengan sekitar 52 persen dukungan.

Tidak ada tanggapan segera atas pidato kemenangan Erdogan dari penantangnya, Kemal Kilicdaroglu.

Pemilihan tersebut telah dilihat sebagai salah satu yang paling penting bagi Turki, dengan pihak oposisi percaya itu memiliki peluang kuat untuk menggulingkan Erdogan setelah popularitasnya dilanda krisis biaya hidup.

Sebaliknya, kemenangan akan memperkuat citranya yang tak terkalahkan, setelah membuat ulang kebijakan domestik, ekonomi, keamanan, dan luar negeri di negara anggota NATO berpenduduk 85 juta orang itu dan memposisikan Turki sebagai kekuatan regional.

Pendukung berkumpul di kediamannya di Istanbul untuk mengantisipasi kemenangan karena data yang dilaporkan oleh kantor berita Anadolu yang dikelola pemerintah dan kantor berita ANKA memberinya keunggulan dengan hampir 99 persen kotak suara telah dihitung.

Kepala Dewan Pemilihan Tinggi sebelumnya mengatakan pada konferensi pers bahwa Erdogan memimpin Kilicdaroglu dengan dukungan 54,47 persen, dengan 54,6 persen kotak suara dicatat.

Erdogan, ketua Partai AK yang berakar pada Islam, menarik pemilih dengan retorika nasionalis dan konservatif selama kampanye yang memecah belah yang mengalihkan perhatian dari masalah ekonomi yang mendalam.

Kekalahan Kilicdaroglu, yang berjanji untuk mengatur negara pada jalur yang lebih demokratis dan kolaboratif, kemungkinan besar akan disambut baik di Moskow tetapi diratapi di ibu kota Barat dan sebagian besar Timur Tengah setelah Turki mengambil sikap yang lebih konfrontatif dan mandiri dalam urusan luar negeri.

Pendukung Erdogan yang berkumpul di luar kediamannya di Istanbul meneriakkan Allahu Akbar, atau Tuhan Maha Besar. “Saya berharap semuanya menjadi lebih baik,” kata Nisa, 28, seorang perempuan berjilbab yang mengenakan ikat kepala dengan nama Erdogan.

Pendukung Erdogan lainnya mengatakan Turki akan menjadi lebih kuat dengan dia menjabat selama lima tahun lagi.

“Ada masalah, masalah di setiap negara di seluruh dunia, di negara-negara Eropa juga... Dengan kepemimpinan yang kuat kami akan mengatasi masalah Turki juga,” kata Mert, 39 tahun, yang datang untuk merayakan bersama putranya.

Bugra Oztug, 24 tahun, yang memilih Kilicdaroglu, mengatakan dia tidak terkejut dengan hasilnya, menyalahkan oposisi karena gagal melakukan perubahan.

“Saya merasa sedih dan kecewa tetapi saya tidak putus asa. Saya masih berpikir masih ada orang yang bisa melihat kenyataan dan kebenaran,” kata Oztug.

Kinerja Erdogan telah membuat lawan salah langkah yang juga mengira para pemilih akan menghukumnya atas respons negara yang awalnya lamban terhadap gempa bumi dahsyat di bulan Februari, yang menewaskan lebih dari 50.000 orang.

Namun pada putaran pertama pemungutan suara pada 14 Mei, termasuk pemilihan parlemen, Partai AK-nya muncul di 10 dari 11 provinsi yang dilanda gempa, membantu mengamankan mayoritas parlemen bersama sekutunya. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home