Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 14:07 WIB | Sabtu, 16 Mei 2020

Turki Izinkan Salat Jumat Berjamaah Mulai 12 Juni

Seorang petugas menyemprotkan cairan disinfektan di sebuah masjid di Turki. (Foto: Hurriyet)

ANKARA, SATUHARAPAN.COM-Salat Jumat (berjamaah) di Turki akan diizinkan di bawah batasan tertentu mulai 12 Juni, kata Ali Erbaş, kepala Kepresidenan Urusan Agama negara (Diyanet), Jumat (15/5).

Turki pada 16 Maret menghentikan salat berjamaah di masjid-masjid sampai risiko wabah virus corona berakhir. "Kita akan dapat melakukan salat Jumat di halaman masjid," kata Erbas dalam sebuah wawancara televisi.

Orang-orang yang ikut salat Jumat diminta membawa sajadah mereka sendiri dan menaati aturan jarak sosial akan diberlakukan dengan ketat. Para jamaah juga harus mengenakan masker pelindung saat mereka memasuki bangunan masjid.

Pihak berwenang dilaporkan akan menyimpan informasi kontak orang-orang yang menghadiri salat berjamaah. Ini akan memungkinkan untuk melacak orang-orang dengan kemungkinan terinfeksi COVID-19 di antara jemaat.

Turki telah mulai melonggarkan beberapa langkah yang awalnya untuk mengendalikan penyebaran virus. "Turki akan mulai melonggarkan pada Mei, Juni, dan Juli ketika laju penyebaran mulai melambat selama dua pekan terakhir," kata Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan pada 4 Mei setelah pertemuan kabinet.

Jumlah kasus yang dikonfirmasi di Turki telah mendekati 145.000 orang, dengan jumlah kematian akibat COVID-19 melebihi 4.000 orang. Lebih dari 104.000 orang telah pulih dari penyakit ini, dan melakukan tes virus corona pada dari 1,5 juta orang. (Hurriyet)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home