Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:39 WIB | Senin, 25 Mei 2020

Turki Tak Izinkan Yunani Ubah Perbatasan Sepihak

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Turki, Hami Aksoy. (Foto: Anadolu)

ANKARA, SATUHARAPAN.COM-Turki tidak akan mengizinkan Yunani untuk mengubah perbatasan secara sepihak, tetapi dengan pembicaraan teknis bilateral seperti yang diusulkan Turki dapat menyelesaikan masalah tersebut, kata seorang pejabat Turki pada hari Sabtu (23/5).

Setelah Yunani pada 15 April memberi tahu Kementerian Luar Negeri Turki bahwa mereka sedang membangun pagar di sepanjang perbatasan tanah mereka, kementerian itu menulis catatan pada 11 Mei yang meminta Athena untuk memberikan lokasi yang tepat pagar itu dan mengadakan komisi bilateral untuk memastikan perbatasan tidak dilanggar, kata Juru bicara kementerian itu, Hami Aksoy, dalam sebuah pernyataan dikutip.

Catatan itu juga mengatakan kepada pihak Yunani bahwa tidak ada pagar yang harus dibangun "tanpa koordinasi teknis antara kedua negara" karena Sungai Meric di sepanjang perbatasan negara telah berubah arah sejak pakta perbatasan tahun 1926.

Terlepas dari catatan konstruktif ini, kata Aksoy, Yunani memulai pekerjaan di tanah itu pada 13 Mei, yang melanggar perbatasan tanah Turki.

Pelanggaran itu segera dicegat oleh otoritas terkait melalui langkah-langkah yang diperlukan, katanya. “Masalah ini dapat diselesaikan jika pertemuan yang kami usulkan antara delegasi teknis dari kedua negara berlangsung. Serangan di perbatasan kami dalam keadaan apa pun tidak akan ditoleransi," tambahnya. (Anadolu)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home