Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:35 WIB | Rabu, 24 Maret 2021

Turki Tangkap 150 Orang Yang Dituduh Terlibat Kudeta Tahun 2016

Fethullah Gulen, ulama Turki, di rumahnya di Saylorsburg, Pennsylvania, Amerika Serikat, pada Juli 2017. (Foto: dok. Reuters)

ISTANBUL, SATUHARAPAN.CPM-Polisi Turki menahan 150 orang dalam penggerebekan yang menargetkan tersangka di tubuh militer yang dituduh memiliki hubungan dengan percobaan kudeta tahun 2016.

Mereka dituduh memiliki hubungan denganseorang ulama Muslim yang menurut Ankara berada di balik percobaan kudeta itu, Fetullah Gulen, yang tinggal di Amerika Serikat, menurut laporan kantor berita milik negara, Anadolu, hari Selasa (23/3).

Operasi tersebut, dilakukan di 53 provinsi, merupakan bagian dari tindakan keras berkelanjutan terhadap jaringan penceramah agama yang berbasis di AS, Fethullah Gulen. Lebih dari 250 orang tewas dalam kudeta yang gagal pada Juli 2016.  Namun Gulen menyangkal keterlibatannya.

Jaksa penuntut memerintahkan penahanan total 184 tersangka, termasuk 123 personel militer yang bertugas, kata laporan Anadolu. Dikatakan tersangka yang menjadi sasaran juga ada di Siprus utara, tempat militer Turki dikerahkan.

Polisi sedang melakukan operasi untuk menangkap tersangka yang tersisa, katanya. Di antara tersangka adalah dua kolonel, tujuh mayor, 10 kapten dan 22 letnan.

Setelah upaya kudeta, sekitar 80.000 orang ditahan, dan menunggu persidangan, dan sekitar 150.000 pegawai negeri, personel militer dan lainnya dipecat atau diskors. Lebih dari 20.000 orang telah dipecat dari militer Turki. (Anadolu/Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home