Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:21 WIB | Rabu, 02 September 2020

Turki Tangkap Tokoh Utama ISIS, Mahmut Ozden

Orang yang disebutkan sebagai Mahmut Ozden dan sebagai tokoh utama ISIS ketika ditangkap polisi Turki. (Foto: Anadolu)

ANKARA, SATUHARAPAN.COM-Polisi Turki menangkap tokoh utama ISIS di Turki dan mereka mencurigai kelompok militan itu berencana melakukan serangan, kata Menteri Dalam Negeri Turki, Suleyman Soylu, hari Selasa (1/9).

Dia mengatakan, operasi untuk menangkap tersangka diluncurkan setelah pasukan keamanan baru-baru ini mendeteksi peningkatan aktivitas oleh militan jihadis, yang berbasis di negara tetangga, Suriah dan Irak.

"Dia terus-menerus menerima perintah dari Irak dan Suriah untuk melakukan serangan di Turki," kata Soylu, dikutip Reuters. Dia menyebut tersangka sebagai Mahmut Ozden dan menambahkan bahwa tersangka yang terkait dengannya saat ini sedang diinterogasi.

Polisi intelijen dan kontra-teror menangkap Ozden dalam sebuah operasi di kota Adana di selatan, dan dia dibawa ke Istanbul di mana dia secara resmi ditangkap, menurut laporan kantor berita milik negara, Anadolu.

Penggerebekan itu terjadi setelah penangkapan seorang tersangka ISIS di Istanbul pekan lalu yang diyakini telah melakukan pengintaian untuk kemungkinan serangan, kata Anadolu.

Dikatakan bahwa sebuah senapan Kalashnikov ditemukan dalam penggeledahan di kamar hotel tersangka itu, dan disebutkan bahwa ia menerima perintah dari Ozden, yang mengarah ke operasi terakhir.

Soylu mengatakan materi digital yang disita juga mengungkap adanya rencana penculikan tokoh politik dan negara untuk dibawa ke Suriah.

Polisi Turki secara sporadis melakukan penggerebekan yang menargetkan ISIS. Pada 19 Juli lalu mereka menahan 27 orang di Istanbul yang terkait dengan kelompok yang diduga mempersiapkan serangan.

ISIS telah melakukan banyak serangan di seluruh Turki, termasuk di sebuah klub malam di Istanbul pada 1 Januari 2017, di mana 39 orang tewas, dan pemboman di jantung kota bersejarah yang menewaskan 12 orang pada tahun 2016. 

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home