Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:29 WIB | Kamis, 03 Juni 2021

Udara Panas Hingga 56°C Akan Jadi Hal Umum di Timur Tengah

Udara Panas Hingga 56°C Akan Jadi Hal Umum di Timur Tengah
Pemandangan kota di Dubai pada 30 Agustus 2004. Meskipun suhu naik hingga 45 derajat Celcius, kota ini terus menikmati arus wisatawan yang stabil. (Foto: dok. Reuters)
Udara Panas Hingga 56°C Akan Jadi Hal Umum di Timur Tengah
Pemandangan udara menunjukkan asap mengepul dari api di tengah gelombang panas di distrik Metn di Gunung Lebanon pada 9 Oktober 2020. (Foto: dok. AFP)

DUBAI, SATUHARAPAN.COMK-Kenaikan suhu hingga 56°C bisa segera menjadi kejadian yang umum di Timur Tengah, kata para ahli. Ini akibat perubahan iklim membawa gelombang panas super dan ultra ekstrem ke wilayah tersebut.

Peringatan itu muncul setelah suhu panas ekstrem hampir mencapai50° C tercatat di beberapa bagian Teluk Arab, termasuk Arab Saudi, Oman, Uni Emirat Arab (UEA), dan Kuwait, dalam beberapa pekan terakhir. Pakar kesehatan setempat mengatakan kematian terkait panas menjadi hal biasa.

Dalam studi yang baru diterbitkan, “Business-as-usual will lead to super and ultra-extreme heatwaves in the Middle East and North Africa” yang diterbitkan dalam jurnal “Nature”, para peneliti menemukan bahwa proyeksi iklim global menunjukkan intensifikasi musim panas yang signifikan ekstrem di MENA (Middle East and North Africa) di tahun-tahun mendatang.

BACA JUGA: STUDI: SEPERTIGA KEMATIAN DI DUNIA AKIBAT UDARA PANAS.

Studi tersebut menunjukkan bahwa paruh kedua abad ini akan menyaksikan “kondisi gelombang panas super dan ultra ekstrim yang belum pernah terjadi sebelumnya akan muncul.”

"Peristiwa ini melibatkan suhu yang sangat tinggi (hingga 56 °C dan lebih tinggi) dan akan berlangsung lama (beberapa pekan), berpotensi mengancam jiwa manusia," kata penulis utama, George Zittis, dari Pusat Penelitian Iklim dan Atmosfer, CARE-C), Institut di Siprus.

Studi tersebut mengklaim bahwa pada akhir abad ini sekitar setengah dari populasi MENA, sekitar 600 juta orang, dapat terkena gelombang panas ultra ekstrim yang berulang setiap tahun.

Diperkirakan bahwa sebagian besar populasi yang terpapar, lebih dari 90 persen, akan tinggal di pusat kota dan perlu mengatasi kondisi cuaca yang mengganggu masyarakat ini.

Emisi Global dan Aktivitas Manusia

Pada akhir Mei, beberapa stasiun cuaca melaporkan suhu hingga 49°C di seluruh Arab Saudi, Irak, Iran, Oman, UEA, dan Kuwait.

Omar Baddour, yang bertanggung jawab atas laporan Iklim Global Organisasi Meteorologi Dunia (WMO), mengatakan bahwa kenaikan suhu disebabkan oleh emisi global dari aktivitas manusia.

“Tidak ada keraguan bahwa panas ekstrem di sebagian besar kasus telah menjadi tanda perubahan iklim, apakah itu terjadi selama musim atau di tepi musim,” katanya dikutip Al Arabiya. “Tren peningkatan suhu dan suhu ekstrem, siang dan malam, adalah ciri-ciri yang ditemukan di seluruh dunia, termasuk Timur Tengah.”

Ada sekitar 40 persen kemungkinan suhu global rata-rata tahunan bergeser ke 1,5°C di atas tingkat pra-industri dalam lima tahun ke depan. Peluang ini meningkat seiring waktu, menurut laporan iklim baru-baru ini oleh WMO.

Ada kemungkinan 90 persen bahwa suatu saat selama periode 2021-2025 suhu akan menjadi rekor terpanas.

Sekretaris Jenderal WMO, Profesor Petteri Taalas, mengatakan: “Ini lebih dari sekadar statistik. Peningkatan suhu berarti lebih banyak es yang mencair, permukaan laut yang lebih tinggi, lebih banyak gelombang panas dan cuaca ekstrem lainnya, dan dampak yang lebih besar pada ketahanan pangan, kesehatan, lingkungan, dan pembangunan berkelanjutan.”

“Kami semakin mendekati target yang lebih rendah dari Perjanjian Paris tentang Perubahan Iklim secara terukur dan tak terhindarkan. Ini adalah peringatan lain bahwa dunia perlu mempercepat komitmen untuk memangkas emisi gas rumah kaca dan mencapai netralitas karbon.”

“Kemajuan teknologi sekarang memungkinkan untuk melacak emisi gas rumah kaca kembali ke sumbernya sebagai sarana untuk menargetkan upaya pengurangan secara tepat.”

Ini juga menyoroti perlunya adaptasi iklim, tambahnya.

“Hanya setengah dari 193 Anggota WMO yang memiliki layanan peringatan dini yang canggih. Negara-negara harus terus mengembangkan layanan yang dibutuhkan untuk mendukung adaptasi di sektor sensitif iklim, seperti kesehatan, air, pertanian, dan energi terbarukan. Dan juga mempromosikan sistem peringatan dini yang mengurangi dampak buruk dari peristiwa ekstrem.”

Dalam lima tahun mendatang, suhu global rata-rata tahunan kemungkinan akan setidaknya 1°C lebih hangat, dalam kisaran 0,9°C – 1,8°C , dibandingkan tingkat pemanasan pada era pra industri.

Perjanjian Paris berusaha untuk menjaga kenaikan suhu global abad ini di bawah 2°C. Komitmen nasional untuk mengurangi emisi saat ini masih jauh dari apa yang dibutuhkan untuk mencapai target ini.

Tahun 2021, dan negosiasi perubahan iklim yang penting, COP26, pada bulan November, telah secara luas digambarkan sebagai peluang "berhasil atau hancur" untuk mencegah perubahan iklim yang tidak terkendali.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home