Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:25 WIB | Kamis, 10 Desember 2020

UE Akan Jatuhkan Sanksi pada Individu dan Perusahaan Turki

Bendera Uni Eropa di markas besar di Brussels, Belgia. (Foto: dok. AFP)

BRUSSELS, SATUHARAPAN.COM-Para pemimpin Uni Eropa akan menyetujui sanksi terhadap individu Turki pada hari Kamis (10/12) malam atas perselisihan eksplorasi energi dengan Yunani dan Siprus, tetapi akan menunda langkah yang lebih keras hingga Maret, menurut rancangan pernyataan KTT.

Menghindari ancaman yang dibuat pada bulan Oktober untuk mempertimbangkan langkah-langkah ekonomi yang lebih luas, para pemimpin UE akan setuju untuk menghukum individu yang dituduh merencanakan atau mengambil bagian dalam apa yang dikatakan blok itu sebagai pengeboran tidak sah di Siprus.

UE mengatakan akan berusaha untuk mengoordinasikan kemungkinan tindakan lebih lanjut dengan Presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden, yang mulai menjabat pada Januari.

Turki mengatakan beroperasi di perairan di landas kontinennya sendiri atau di wilayah di mana warga Siprus Turki memiliki hak. Presidennya, Recep Tayyip Erdogan, mengatakan pada hari Rabu (9/12) bahwa dia tidak khawatir dengan sanksi apa pun yang mungkin dikenakan oleh blok itu.

UE membekukan set individu dan perusahaan yang belum disebutkan namanya dan akan menjadi tambahan dari dua pejabat yang sudah ada dalam daftar sanksi yang ditetapkan pada November 2019.

"Turki telah terlibat dalam tindakan sepihak dan provokasi serta meningkatkan retorikanya terhadap UE," menurut draf pernyataan yang disiapkan oleh utusan UE yang diharapkan didukung oleh para pemimpin setelah diskusi puncak saat makan malam pada hari Kamis.

Tindakan Sepihak

Para pemimpin Uni Eropa akan memberitahu pejabat "untuk mengadopsi daftar tambahan... mengingat kegiatan pengeboran tidak sah Turki di Mediterania timur," kata draf terbaru.

Para diplomat senior UE menggambarkan sanksi yang diusulkan sebagai simbolis karena blok tersebut enggan menghukum Turki, sekutu NATO dan calon anggota UE, yang ekonomi dan mata uangnya sedang melemah.

Pada tahun 2011, pemerintah Siprus Yunani yang diakui secara internasional mulai menjajaki gas alam dengan perusahaan AS, meskipun ada peringatan dari Turki, yang tidak mengakui status pulau yang terbagi dan mengklaim hak eksplorasi.

Ketegangan berkobar pada bulan Agustus ketika Ankara mengirim kapal eksplorasi seismik ke zona ekonomi eksklusif Siprus dan juga di perairan yang diklaim oleh Yunani. Uni Eropa, yang dipimpin oleh Jerman, telah mencoba menegosiasikan penyelesaian tetapi tidak berhasil.

Marah dengan kebijakan luar negeri Turki di Suriah dan Libya, Prancis telah mendukung seruan Yunani untuk sanksi yang lebih keras. Parlemen Eropa bulan lalu menyerukan tindakan hukuman. Athena telah menyerukan embargo senjata resmi di Turki. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home