Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 10:24 WIB | Selasa, 17 Mei 2022

UE Belum Sepakat Jatuhkan Embargo Minyak Rusia

Sumur minyak Rusia. (Foto: ilsutrasi: dok. Ist)

BRUSSELS, SATUHARAPAN.COM-Para menteri luar negeri Uni Eropa berusaha untuk secara terbuka menekan Hongaria pada hari Senin (16/5) untuk mencabut vetonya atas embargo minyak yang diusulkan terhadap Rusia, dan Lithuania mengatakan bahwa blok itu "disandera oleh satu negara anggota."

Larangan impor minyak mentah yang diusulkan oleh Komisi Eropa pada awal Mei akan menjadi sanksi terberat dalam menanggapi invasi Moskow pada 24 Februari di Ukraina dan termasuk pemotongan untuk negara-negara Uni Eropa yang paling bergantung pada minyak Rusia.

Jerman, ekonomi terbesar Uni Eropa dan pembeli utama energi Rusia, mengatakan menginginkan kesepakatan untuk mengesahkan embargo minyak, yang diperkirakan bisa berlangsung selama bertahun-tahun.

“Saya yakin bahwa kita akan menemukan kesepakatan dalam beberapa hari mendatang,” kata Menteri Luar Negeri Jerman, Annalena Baerbock, saat dia tiba untuk pertemuan dengan rekan-rekannya. “Kita perlu mempersiapkannya dengan sangat baik karena harus berkelanjutan.”

Tetapi Hongaria, sekutu terdekat Moskow di UE, mengatakan pihaknya menginginkan ratusan juta euro dari blok tersebut untuk mengurangi biaya membuang minyak mentah Rusia. UE membutuhkan 27 negara untuk menyetujui embargo agar dapat dilanjutkan.

"Seluruh serikat disandera oleh satu negara anggota ... kita harus setuju, kita tidak bisa disandera," kata Menteri Luar Negeri Lithuania, Gabrielius Landsbergis.

Beberapa menteri memanggil nama Hongaria saat mereka berbicara dengan wartawan, tetapi Rumania mengatakan terserah pada blok tersebut untuk membawa pemerintahan Perdana Menteri Viktor Orban.

Menteri Luar Negeri Hongaria, Peter Szijjarto, mengatakan Budapest belum menerima proposal baru yang serius dari Komisi Eropa mengenai sanksi minyak sejak presiden eksekutif mengunjungi Hongaria awal bulan ini.

“Komisi Eropa telah menyebabkan masalah dengan sebuah proposal sehingga merupakan harapan yang sah dari Hongaria ... bahwa UE harus menawarkan solusi: untuk membiayai investasi dan mengkompensasi ... kenaikan harga yang memerlukan modernisasi total struktur energi Hongaria sebesar 15-18 miliar euro,” katanya di Facebook.

Solusi lain adalah membuat pengiriman minyak melalui pipa dibebaskan dari embargo yang direncanakan, kata Szijjarto.

Embargo minyak sudah diberlakukan oleh Amerika Serikat dan Inggris dan yang akan mengikuti lima putaran sanksi Uni Eropa sebelumnya, secara luas dilihat sebagai cara terbaik untuk mengurangi pendapatan Rusia untuk perangnya di Ukraina.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Josep Borrell, mengatakan menjelang pertemuan dengan para menteri pada hari Senin bahwa ia melakukan yang terbaik untuk memecahkan kebuntuan atas sanksi minyak.

Beberapa diplomat sekarang menunjuk KTT 30-31 Mei sebagai momen untuk kesepakatan tentang larangan bertahap terhadap minyak Rusia, mungkin selama enam bulan, dengan masa transisi yang lebih lama untuk Hongaria, Slovakia dan Republik Ceko.

Namun, pejabat Uni Eropa mengatakan ada elemen lain dari paket sanksi yang diusulkan oleh Komisi yang beberapa negara anggota mengindikasikan pekan lalu bahwa mereka tidak siap untuk mundur.

Negara-negara ini termasuk Republik Ceko, Slovakia, Bulgaria dan Siprus, dengan yang terakhir menyatakan keprihatinan tentang proposal untuk melarang penjualan properti ke Rusia. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home