Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 12:46 WIB | Minggu, 11 September 2016

UE Tambah Dana Bantuan Yunani untuk Atasi Imigran

Ilustrasi. Pengungsi asal Suriah. (Foto: AFP)

THESALONIKKI, SATUHARAPAN.COM – Komisi Eropa pada Sabtu (10/9) mengumumkan dana tambahan 115 juta euro (sekitar Rp 1,7 triliun) guna membantu Yunani mengatasi imigran, sehari setelah muncul sebuah laporan mengenai kondisi yang dihadapi imigran.

Dana baru Uni Eropa (UE) tersebut ditujukan “untuk memperbaiki kondisi para pengungsi di Yunani, dan membuat perbedaan menjelang musim dingin yang akan datang,” kata komisaris bantuan dan manajemen krisis UE Christos Stylianides.

Dana tambahan itu akan difokuskan pada perbaikan tempat penampungan yang sudah ada, membangun penampungan baru namun juga membantu pengungsi mendapat akses ke pendidikan dan membantu anak di bawah umur tanpa pendamping.

Pengumuman UE tersebut disampaikan setelah Human Rights Watch (HRW) memublikasikan sebuah laporan pada Jumat, mengecam “penahanan sewenang-wenang yang lama” terhadap pencari suaka anak di Yunani.

“Dalam beberapa kasus, anak-anak mengatakan mereka terpaksa tinggal dan tidur di sel penuh sesak, kotor dan penuh hama serta kutu. Kadang-kadang mereka tidur tanpa kasur, dan kurang sanitasi, kebersihan dan privasi,” menurut laporan HRW.

Lebih dari 850.000 orang – sebagian besar melarikan diri dari konflik di Suriah, Irak dan Afghanistan – tiba di pulau-pulau Yunani tahun lalu, kebanyakan setelah mempertaruhkan nyawa mereka di atas perahu dan sampan yang tidak laik. (AFP)

 

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home