Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 05:48 WIB | Minggu, 19 Juni 2022

UEA Kirim Bantuan Kemanusiaan untuk Pengungsi Ukraina

Sejumlah perempuan menghadiri misa di Katedral St. Volodymyr selama perayaan Pentakosta Gereja Ortodoks, di Kiev, Ukraina, hari Minggu, 12 Juni 2022. (Foto: dok. AP/Natacha Pisarenko)

ABUDHABI, SATUHARAPAN.COM-Uni Emirat Arab (UEA) mengirim 27 ton makanan dan pasokan medis untuk membantu pengungsi Ukraina di Polandia, menurut laporan kantor berita Emirates, WAM, pada hari Sabtu (18/6).

Duta Besar UEA untuk Ukraina, Salem Ahmed al-Kaabi, menegaskan kembali keinginan negara untuk berkontribusi pada upaya bantuan kemanusiaan.

UEA telah mengirim enam pesawat ke Polandia dan Moldova yang membawa 156 ton makanan, bantuan medis, dan ambulans untuk membantu para pengungsi yang melarikan diri dari Ukraina setelah invasi Rusia pada 24 Februari.

Bantuan tersebut datang sebagai bagian dari komitmen UEA untuk menyumbangkan senilai US$5 juta sebagai tanggapan atas Permohonan Cepat Kemanusiaan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Kota Kemanusiaan Internasional Dubai (IHC) juga mengirim 124 ton pasokan bantuan dan peralatan tempat tinggal dengan organisasi internasional lainnya di kota itu, WAM melaporkan.

Lebih dari 5,5 juta orang Ukraina telah melarikan diri ke negara tetangga Polandia, Moldova, Rumania dan sekitarnya sejak invasi Rusia pada 24 Februari, menurut PBB, yang menyebutnya sebagai krisis pengungsi dengan pertumbuhan tercepat di Eropa sejak Perang Dunia Kedua.

Saat perang berkecamuk di timur Ukraina, Kiev menerima dorongan besar pada hari Jumat (17/6) ketika Uni Eropa merekomendasikan agar mereka menjadi kandidat untuk bergabung dengan blok tersebut, menandakan perubahan geopolitik yang dramatis setelah invasi Rusia.

Pada pertemuan puncak pekan depan, para pemimpin Uni Eropa diharapkan untuk mendukung rekomendasi oleh eksekutif blok itu untuk Ukraina dan negara tetangga Moldova. (WAM/Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home