Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 10:33 WIB | Rabu, 30 November 2022

UEA Luncurkan Wahana Misi Penjelajahan di Permukaan Bulan

Rashid Rover Uni Emirat Arab, misi UEA pertama ke permukaan bulan, telah diintegrasikan ke dalam roket SpaceX Falcon 9 untuk peluncuran bersejarah pada hari Rabu (30/11). (Foto: Twitter)

DUBAI, SATUHARAPAN.COM-Rashid Rover dari Uni Emirat Arab (UEA), misi Emirat pertama ke permukaan Bulan, telah diintegrasikan ke dalam roket SpaceX Falcon 9 untuk peluncuran bersejarahnya pada hari Rabu (30/11).

Wahana penjelajah beroda empat itu telah menjalani proses integrasi terakhir dengan kendaraan peluncuran, pendarat Misi 1 Hakuto-R, yang akan diluncurkan dari pelabuhan antariksa di Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral di Florida pada pukul 12:39 siang waktu UEA.

Warga di seluruh UEA akan dapat menyaksikan peluncuran secara online yang akan disiarkan langsung oleh SpaceX. Ini menandai misi Bulan pertama UEA, dengan lebih banyak penjelajah yang akan dikembangkan di masa depan.

Kendaraan penjelajah Rashid, dibangun oleh para insinyur UEA dari Pusat Luar Angkasa Mohammed bin Rashid (MBRSC) UEA, akan dikirim ke wilayah Bulan yang belum dijelajahi oleh manusia.

Sebagai bagian dari Misi Lunar Emirates, robot penjelajah seberat 10 kilogram ini akan mengirim kembali gambar dan mengumpulkan data tentang tanah dan debu bulan setelah mencapai permukaan bulan.

Selama lima bulan terakhir, rover telah menjalani serangkaian tinjauan internal dan eksternal yang ketat. Ulasan tersebut dirancang untuk menguji setiap sistem dan subsistem rover selama tahap peluncuran, tahap pelayaran, dan tahap penurunan.

Fase pengujian ini mencakup penilaian semua fungsionalitas perangkat keras dan perangkat lunak dalam semua kemungkinan skenario di permukaan (lunar). Fase ini juga termasuk uji getaran berat model di laboratorium Electro-Optics Center of Excellence (EOCE) EDGE yang berbasis di Abu Dhabi.

Pada fase kedua, penjelajah Rashid menyelesaikan serangkaian uji lingkungan di Toulouse, Prancis. Ini termasuk dua bagian evaluasi: Yang pertama adalah tes termal dan vakum terakhir di dalam fasilitas Airbus, di mana Rover dipanaskan dan didinginkan untuk mensimulasikan tekanan dan suhu perjalanannya melalui ruang angkasa dan di permukaan Bulan.

Bagian kedua dan terakhir dari uji lingkungan mencakup pemeriksaan getaran dan kejut yang ketat dari model penerbangan di CNES Labs. Untuk ini, rover diguncang di atas meja getaran yang mensimulasikan lingkungan yang akan ditemui rover selama peluncuran di atas roket SpaceX Falcon 9 serta mengalami guncangan yang sama yang akan dialaminya saat melambat di atmosfer bulan, dampak intens penyebaran dan pendaratan.

Kampanye pengujian diakhiri di Jerman dengan fase terakhir pemeriksaan antar muka dengan pendarat luar angkasa yang akan mengantarkan penjelajah ke permukaan Bulan dengan aman. Fase ini juga mencakup pemeriksaan penyelarasan instrumen, seperti sistem pencitraan, dan uji fungsional akhir dari sistem terintegrasi setelah kampanye lingkungan.

Hamad al-Marzooqi, Manajer Proyek Misi Lunar UEA, mengatakan awal tahun ini: “Sains dan teknologi dari misi ini akan membantu kami menjawab pertanyaan besar tentang ilmu geologi dan permukaan Bulan yang telah kami kerjakan selama bertahun-tahun, dan kami bersemangat untuk berbagi perjalanan kami dengan dunia.”

Tujuan utama dari misi ini adalah mempelajari plasma Bulan dan memberikan jawaban tentang debu Bulan, permukaan bulan, mobilitas di permukaan Bulan, dan bagaimana berbagai permukaan berinteraksi dengan partikel bulan. (Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home