Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 06:34 WIB | Sabtu, 23 Oktober 2021

UEA: Wartawan Ditahan Karena Ujaran Kebencian

Wartawan. (Foto ilustrasi: dok. Ist)

ABU DHABI, SATUHARAPAN.COM-Seorang jurnalis dari media di Uni Emirat Arab (UEA) telah ditahan oleh pihak berwenang atas tuduhan ujaran kebencian dan melanggar moral publik saat meliput pertandingan sepak bola antara UEA dan Irak, menurut laporan kantor berita negara, WAM, hari Jumat (22/10).

Kantor berita itu mengatakan Penuntutan Federal Umum UEA untuk Kejahatan Cybersecurity telah memerintahkan penahanan anggota media itu dan pembebasan orang lain dengan jaminan setelah penyelidikan.

WAM mengatakan bahwa ketika meliput pertandingan antara UEA dan tim nasional Irak pekan lalu di Abu Dhabi Sports Channel sebelum siaran langsung, terdakwa melakukan tindakan dan mengeluarkan pernyataan yang merupakan tindakan tidak tertib, yang dipublikasikan melalui internet.

Penuntut mengatakan itu akan melanggar moral publik, merugikan kepentingan publik, dan menghasut ujaran kebencian.

WAM mengatakan dakwaan tersebut dapat membuatnya dapat hukuman penjara hingga lima tahun dan denda hingga US$ 136.000.

Jaksa Penuntut Umum menerima pengaduan dari Media Abu Dhabi terhadap dua orang yang disebutkan dan orang ketiga yang tidak dikenal.

Sebuah klip audio dan video yang beredar online menunjukkan terdakwa bertukar percakapan saat perangkat teknis sedang diuji sebelum siaran langsung di Abu Dhabi Sports Channel, dan di studio analitik sebelum pertandingan, mengucapkan kata-kata dan frasa yang akan "merugikan kepentingan publik di negara", WAM melaporkan.

Siaran yang dikirim dari kendaraan produksi televisi dari studio analitik ke unit penerima siaran di gedung TV telah diretas, dan klip yang diterbitkan disita dan disiarkan di beberapa platform media sosial di internet.

Setelah Penuntut Umum mulai menyelidiki terdakwa dan mengambil keputusan, Kejaksaan memanggil mereka yang bertanggung jawab di Saluran Olahraga Abu Dhabi dan program untuk menyelesaikan penyelidikan.

Penuntut Umum meminta otoritas teknis yang bertanggung jawab untuk menentukan bagaimana peretasan terjadi dan siapa yang melakukannya. Mereka memerintahkan penangkapan orang-orang dan penyitaan alat-alat yang digunakan dan meluncurkan penyelidikan atas insiden tersebut.

Media Abu Dhabi menghentikan layanan tiga profesional media sebagai tindakan disipliner karena melanggar Kode Kehormatan Media, etika profesi dan pekerjaan mereka.

Jaksa Penuntut Umum menindaklanjuti penyelidikan tersebut. Meskipun belum ada informasi lebih lanjut yang dirilis, pernyataan itu tampaknya merujuk pada pertandingan yang diadakan antara kedua negara Timur Tengah awal bulan ini. UEA melawan Irak di Stadion Zabeel di Dubai pada 12 Oktober di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022. (WAM)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home