Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 11:02 WIB | Kamis, 15 Januari 2015

Uji Coba PTSP Penting untuk Hapus Kendala Teknis

Uji Coba PTSP Penting untuk Hapus Kendala Teknis
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani (paling kanan) memberi keterangan bahwa BKPM siap menjalankan amanat pemerintah tentang pelaksanaan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di tingkat pusat. Kamis (15/1). PTSP akan melibatkan seluruh kementerian dan lembaga setingkat, sementara di sebelahnya ada Menteri Perindustrian Saleh Husin (paling kiri), dan Menteri Energi Sumber Daya Mineral Sudirman Said (tengah) (Foto-foto: Prasasta Widiadi).
Uji Coba PTSP Penting untuk Hapus Kendala Teknis
Menteri Perdagangan Rachmat Gobel saat meninjau salah satu stan di PTSP di Gedung BKPM.
Uji Coba PTSP Penting untuk Hapus Kendala Teknis
Menteri Keuangan Bambang Brodjonoegoro meninjau salah satu stan di PTSP di Gedung BKPM.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menegaskan uji coba layanan perizinan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pusat sangat penting untuk mengetahui kendala teknis dalam layanan yang diberikan oleh masing-masing kementerian.

“Kami (BKPM) ingin memastikan setelah secara resmi di-launching Bapak Presiden tidak ada lagi kendala teknis dalam layanan perizinan di PTSP Pusat,” kata Franky Sibarani di hadapan para pewarta saat uji coba PTSP Terpadu di Kantor BKPM, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (15/1).

BKPM dan Kementerian dan Lembaga akan mengevaluasi hasil uji coba PTSP Pusat sebelum diresmikan Presiden Jokowi akhir Januari mendatang.

BKPM berharap, melalui uji coba layanan perizinan ini, PTSP Pusat benar-benar siap melayani investor dan menciptakan layanan perizinan yang cepat, sederhana, transparan dan terintegrasi, setelah di-launching oleh Presiden nanti.

“Kami berharap dalam uji coba ini investor memanfaatkan layanan perizinan yang ada di PTSP Pusat, sehingga sistem dan persiapan yang telah dilakukan dapat diuji kehandalannya. Catatan dan evaluasi yang diperoleh dari uji coba ini akan dijadikan sebagai dasar perbaikan sebelum resmi diberlakukan akhir Januari nanti,” papar Franky.

Dalam uji coba layanan perizinan PTSP Pusat, akan diujicobakan seluruh layanan perizinan yang ada di PTSP Pusat. Termasuk di dalamnya adalah perizinan end to end untuk beberapa sektor usaha yaitu kelistrikan, perindustrian dan pertanian. “Investor di ketiga sektor usaha tersebut tidak perlu lagi mengelilingi Jakarta, keluar-masuk Kantor Kementerian untuk mengurus perizinan. Cukup datang di BKPM dan tinggal menuju meja dari masing-masing kementerian atau lembaga yang diperlukan dalam pengurusan perizinan.” tambah Franky.

Kementerian dan lembaga yang terkait dengan perizinan sektor kelistrikan, perindustrian dan pertanian adalah Kementerian ESDM, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pertanian sebagai Kementerian teknis, serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, PLN dan BPOM sebagai Kementerian atau lembaga yang terkait.

Layanan perizinan lainnya yang dapat diperoleh investor di PTSP Pusat, antara lain berbagai perizinan dan rekomendasi sektor telekomunikasi dan penyiaran yang dikeluarkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), perizinan di bidang usaha pariwisata dan ekonomi kreatif perfilman yang dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata,  izin usaha sektor jasa keamanan yang dikeluarkan oleh Kepolisian, serta berbagai perizinan bidang usaha kesehatan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan. 

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home