Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:54 WIB | Sabtu, 23 Juli 2022

Ukraina dan Rusia Sepakati Ekspor Gandum dengan PBB dan Turki

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Antonio Guterres (kiri) dan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan (kanan) duduk di awal upacara penandatanganan prakarsa pengangkutan biji-bijian dan bahan makanan yang aman dari pelabuhan Ukraina, di Istanbul, pada 22 Juli 2022. (Foto: AFP)

ISTANBUL, SATUHARAPAN.COM-Rusia dan Ukraina menandatangani kesepakatan penting pada hari Jumat (22/7) untuk membuka kembali pelabuhan Laut Hitam Ukraina untuk ekspor biji-bijian, meningkatkan harapan bahwa krisis pangan internasional yang diperparah oleh invasi Rusia dapat diredakan.

Kesepakatan itu memahkotai pembicaraan dua bulan yang ditengahi oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dan Turki yang disebut Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, sebagai “paket” yang akan memulihkan ekspor biji-bijian Ukraina, sambil mengurangi pengiriman biji-bijian dan pupuk Rusia meskipun ada sanksi keras Barat terhadap Moskow.

Guterres mengatakan perjanjian itu membuka jalan bagi volume ekspor makanan komersial yang signifikan dari tiga pelabuhan utama Ukraina: Odesa, Chernomorsk dan Yuzhny, dan PBB akan mendirikan pusat koordinasi untuk memantau pelaksanaan kesepakatan.

“Hari ini, ada cahayadi Laut Hitam. Sebuah suar harapan... kemungkinan... dan kelegaan di dunia yang membutuhkannya lebih dari sebelumnya," kata Guterres dalam pertemuan itu.

Namun pertempuran berkecamuk tanpa henti di wilayah timur Ukraina dan, menggarisbawahi permusuhan dan ketidakpercayaan yang mendalam yang mendorong konflik terburuk di Eropa sejak Perang Dunia Kedua. Perwakilan Rusia dan Ukraina menolak untuk duduk di meja yang sama pada upacara tersebut, dan tampilan bendera kedua negara disesuaikan sehingga tidak lagi bersebelahan.

“Dalam kasus provokasi, (akan ada) tanggapan militer segera” oleh Ukraina, kata penasihat Presiden Ukraina, Mykhailo Podolyak, mentweet sebelum upacara.

Rusia dan Ukraina, keduanya di antara pengekspor makanan utama dunia, masing-masing mengirim menteri pertahanan dan infrastruktur mereka ke Istanbul, Turki untuk upacara penandatanganan, yang juga dihadiri oleh Guterres dan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Blokade pelabuhan Ukraina oleh armada Laut Hitam Rusia, menjebak puluhan juta ton biji-bijian di silo dan membuat banyak kapal terdampar, telah memperburuk kemacetan rantai pasokan global dan, bersama dengan sanksi Barat yang meluas, memicu inflasi yang melonjak dalam harga pangan dan energi di sekitar dunia.

Moskow telah membantah bertanggung jawab atas krisis pangan yang memburuk, sebaliknya menyalahkan sanksi Barat karena memperlambat ekspor makanan dan pupuknya sendiri dan Ukraina karena menempatkan ranjau di pelabuhan Laut Hitamnya.

Pejabat senior PBB, yang memberi pengarahan kepada wartawan pada hari Jumat, mengatakan kesepakatan itu diharapkan akan beroperasi penuh dalam beberapa pekan.

Jalan masuk dan keluar yang aman dari pelabuhan akan dijamin dalam apa yang disebut seorang pejabat sebagai "gencatan senjata de facto" untuk kapal dan fasilitas yang dicakup, kata mereka, meskipun kata "gencatan senjata" tidak ada dalam teks perjanjian.

Meskipun Ukraina telah menempatkan ranjau di lepas pantai terdekat sebagai bagian dari pertahanannya terhadap invasi Rusia yang telah berlangsung selama lima bulan, pilot Ukraina akan memandu kapal di sepanjang saluran yang aman di perairan teritorialnya, kata mereka.

Dipantau oleh Pusat Koordinasi Gabungan yang berbasis di Istanbul, kapal-kapal itu kemudian akan transit di Laut Hitam ke Selat Bosphorus Turki dan melanjutkan ke pasar dunia, kata para pejabat PBB.

Kesepakatan itu akan berlaku selama 120 hari tetapi dapat diperpanjang dan diperkirakan tidak akan dihentikan dalam waktu dekat.

“Fakta bahwa dua pihak yang berperang, dan masih bannyak pertempuran, telah mampu merundingkan kesepakatan semacam ini… Saya pikir itu belum pernah terjadi sebelumnya,” kata seorang pejabat PBB.

Yang lain mengatakan pakta terpisah yang ditandatangani pada hari Jumat akan memperlancar ekspor makanan dan pupuk Rusia dan bahwa PBB menyambut baik klarifikasi Amerika Serikat dan Uni Eropa bahwa sanksi mereka tidak akan berlaku untuk pengiriman semacam itu.

Untuk mengatasi kekhawatiran Rusia tentang kapal yang menyelundupkan senjata ke Ukraina, semua kapal yang kembali akan diperiksa di pelabuhan Turki oleh perwakilan semua pihak dan diawasi oleh JCC.

Tujuan keseluruhan adalah untuk membantu mencegah kelaparan di antara puluhan juta orang di negara-negara miskin dengan menyuntikkan lebih banyak gandum, minyak bunga matahari, pupuk dan produk lainnya ke pasar dunia termasuk untuk kebutuhan kemanusiaan, sebagian dengan harga lebih rendah.

Amerika Serikat menyambut baik kesepakatan itu dan mengatakan pihaknya fokus meminta pertanggungjawaban Rusia untuk mengimplementasikannya.

Turki, anggota NATO yang memiliki hubungan baik dengan Rusia dan Ukraina, mengendalikan selat yang mengarah ke Laut Hitam dan telah bertindak sebagai mediator dalam masalah biji-bijian. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home