Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 20:04 WIB | Selasa, 30 Mei 2023

Ukraina: Dengan Rudal Patriot Cegat 100% Serangan Udara Rusia

Sistem pertahanan udara Rudal Patriot terlihat di Bandara Sliac, di Sliac, dekat Zvolen, Slovakia, 6 Mei 2022. (Foto: dok. Reuters)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengatakan pada hari Senin (29/5) bahwa menggunakan sistem anti peluru kendali (Rudal) Patriot yang dipasok AS memastikan pasukan negaranya memiliki tingkat intersepsi 100 persen terhadap serangan udara jarak jauh Rusia.

“Ketika Patriot di tangan Ukraina memastikan seratus persen jatuhnya rudal Rusia, teror hilang,” kata Zelenskyy dalam pidato video malamnya.

Dia menambahkan: “Dengan keberhasilan (militer) kami (melawan Rusia), tekanan kami, Patriot kami, kami harus dan akan terus menanggapi semua manifestasi kejahatan Rusia. Dan kami akan menghancurkan kejahatan ini.”

Komentar Zelenskyy muncul setelah Rusia membombardir Kiev dan target Ukraina lainnya dalam malam dan siang hari menggunakan Rudal dan drone, yang terbaru dalam rangkaian serangan udara Moskow terhadap Ukraina.

Kepala staf Ukraina Valerii Zaluzhnyi mengatakan bahwa pasukan Rusia menembakkan 11 rudal balistik dan jelajah ke Kiev pada pagi hari.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan pihaknya meluncurkan beberapa serangan dengan senjata presisi jarak jauh yang diluncurkan dari udara terhadap lapangan udara militer Ukraina, mengklaim telah menghancurkan semua fasilitas yang ditargetkan.

Serangan Rusia pada siang hari mengikuti pemboman semalam dengan drone dan rudal jelajah. Militer Kiev mengatakan pertahanan udara Ukraina menjatuhkan 40 target Rusia.

Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, mengatakan di Twitter: "Serangan drone dan rudal Rusia di kota-kota damai Ukraina tidak dapat dilihat seperti biasa, tidak peduli seberapa sering mereka lakukan." (dengan Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home