Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 21:35 WIB | Sabtu, 10 Juni 2023

Ukraina: Jebolnya Bendungan Tidak Pengaruhi Rencana Serangan Balasan

Citra satelit menunjukkan Bendungan Nova Kakhovka yang rusak, di tengah serangan Rusia ke Ukraina, di wilayah Kherson, Ukraina, 6 Juni 2023. (Foto: Reuters)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengatakan pada hari Selasa (6/6) bahwa runtuhnya bendungan Kakhovka, yang Kiev tuduhkan pada Rusia, tidak akan mempengaruhi rencana operasi kontra-ofensif Ukraina.

“Peledakan bendungan tidak memengaruhi kemampuan Ukraina untuk menduduki wilayahnya sendiri,” kata Zelenskyy di Telegram.

Bendungan pembangkit listrik tenaga air Kakhovka, yang berada di daerah yang diduduki Rusia, runtuh pada hari Selasa, membanjiri desa-desa terdekat, merusak tanaman, dan mengorbankan cadangan air minum. Rusia dan Ukraina memulai operasi evakuasi untuk memindahkan orang dari daerah banjir. Kedua belah pihak saling menyalahkan dengan tuduhan sengaja menyerang bendungan.

Zelenskyy mengutip intelijen Ukraina yang menyimpulkan bahwa ledakan bendungan adalah tindakan yang disengaja oleh Rusia yang "bertindak kacau, membiarkan peralatan mereka sendiri kebanjiran".

Bencana bendungan terjadi di tengah antisipasi yang tinggi terhadap serangan balasan Ukraina yang telah lama ditunggu-tunggu untuk merebut kembali wilayah-wilayah pendudukan yang dipersenjatai dengan pengiriman terbaru sistem senjata Barat.

Zelenskyy mengatakan bahwa laporan dari komando militer tentang situasi di garis depan dan kesiapan pasukan Ukraina untuk "tindakan lebih lanjut" telah dianalisis secara menyeluruh dan pasukan berada dalam kesiapan maksimum.

Bencana Teknologi Terbesar dan Kejahatan Perang

Rusia dan Ukraina pada hari Selasa saling menuduh bertanggung jawab atas runtuhnya bendungan besar di Ukraina selatan. Kiev mengatakan Rusia menyebabkan "bencana teknologi terbesar di Eropa dalam beberapa dekade" dan menyebutnya sebagai "kejahatan perang", sementara Moskow menyalahkan Ukraina berada di belakang "tindakan teroris yang direncanakan sebelumnya".

Bendungan pembangkit listrik tenaga air Kakhovka yang berada di daerah yang diduduki Rusia runtuh pada hari Selasa, membanjiri desa-desa terdekat, merusak tanaman, dan mengorbankan cadangan air minum. Kedua belah pihak yang bertikai memulai operasi evakuasi untuk memindahkan orang-orang dari daerah banjir, dan menyalahkan pihak lain dengan tuduhan sengaja menyerang bendungan.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyebut penghancuran bendungan itu sebagai "kejahatan" oleh Rusia dan meminta lembaga internasional untuk bereaksi. Dia berkata: "Rusia harus memikul tanggung jawab pidana atas ekosida yang dipicu dengan meledakkan struktur pembangkit listrik tenaga air Kakhovka."

Menteri luar negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, mengatakan: “Rusia menghancurkan bendungan Kakhovka yang mungkin menimbulkan bencana teknologi terbesar di Eropa dalam beberapa dekade dan membahayakan ribuan warga sipil. Ini adalah kejahatan perang yang keji. Satu-satunya cara untuk menghentikan Rusia, teroris terbesar abad ke-21, adalah dengan mengusirnya dari Ukraina.”

Menteri perlindungan lingkungan dan sumber daya alam Ukraina Ruslan Strilets mengatakan bahwa ledakan bendungan akan berarti "bencana lingkungan berskala besar" yang konsekuensinya akan dirasakan di seluruh Eropa. Sementara direktorat intelijen mengatakan bahwa runtuhnya bendungan akan menyebabkan bencana ekologis yang skalanya akan “jauh melampaui perbatasan Ukraina dan mempengaruhi seluruh wilayah Laut Hitam.”

Sementara itu, Kremlin menyebut runtuhnya bendungan sebagai "sabotase yang disengaja oleh pihak Ukraina" yang "berpotensi menimbulkan konsekuensi yang sangat serius bagi puluhan ribu penduduk kawasan itu, konsekuensi lingkungan, dan konsekuensi sifat lain yang belum ditetapkan, ” kata juru bicara Dmitry Peskov.

Narasi Rusia adalah bahwa Ukraina menyerang bendungan karena putus asa dan frustrasi atas fakta bahwa ia meluncurkan operasi ofensif besar-besaran dua hari lalu, tetapi gagal memenuhi tujuannya, mengakibatkan operasi terhenti.

Menteri pertahanan Rusia mengatakan serangan terkutuk itu dilakukan oleh pemerintah Ukraina dan dengan demikian melakukan "tindakan terorisme besar" yang telah direncanakan sebelumnya.

Kementerian luar negeri Rusia mengatakan: “Apa yang terjadi adalah tindakan teroris yang diarahkan pada infrastruktur sipil murni. Itu adalah tindakan yang direncanakan sebelumnya dan disengaja oleh rezim Kiev untuk tujuan militer sebagai bagian dari apa yang disebut serangan balasan.”

Kementerian mengutuk penghancuran bendungan dan menyebutnya sebagai "bencana kemanusiaan dan lingkungan berskala besar".

“Kami menyerukan kepada komunitas dunia untuk mengutuk tindakan kriminal otoritas Ukraina, yang semakin tidak manusiawi dan menimbulkan ancaman serius bagi keamanan regional dan global,” kata kementerian Rusia. (Reuters/AP/ AFP/Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home