Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:34 WIB | Minggu, 22 Januari 2023

Ukraina: Keraguan Barat Kirim Tank Modern Bunuh Lebih Banyak Orang

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, dan ibu negara Olena Zelenska menyampaikan bela,sungkawa saat mereka menghadiri upacara peringatan untuk Menteri Dalam Negeri Ukraina, Denys Monastyrskyi, wakilnya dan pejabatnya yang tewas dalam kecelakaan helikopter di dekat Kiev, Ukraina, pada 21 Januari 2023. (Foto: Reuters)

KIEV, SATUHARAPAN.COM - Ukraina pada hari Sabtu (21/1) mengecam "keragu-raguan global" sekutunya tentang apakah akan menyediakan tank modern tugas berat untuk perjuangannya melawan Rusia, dengan mengatakan "keraguan hari ini membunuh lebih banyak orang kami."

“Setiap hari penundaan adalah kematian orang Ukraina. Berpikir lebih cepat,” cuit Penasihat Presiden Ukraina, Mykhailo Podolyak, setelah pertemuan sekutunya tentang pasokan senjata di Jerman pada hari Jumat.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengadakan pertemuan emosional Sabtu pagi dengan keluarga mereka yang tewas dalam kecelakaan helikopter awal pekan ini.

Zelenskyy berbicara dengan anggota keluarga dari tujuh orang yang tewas dalam kecelakaan hari Rabu di daerah Brovary di Kiev, ibu kota.

Helikopter yang membawa Menteri Dalam Negeri, Denys Monastyrskyi, dan pejabat tinggi lainnya menabrak sebuah gedung taman kanak-kanak di pinggiran perumahan, menewaskan dia dan sekitar selusin orang lainnya, termasuk seorang anak di tanah.

Monastyrskyi, yang mengawasi polisi negara dan layanan darurat, adalah pejabat paling senior yang tewas sejak Rusia menginvasi Ukraina.

Kematiannya, bersama dengan sejumlah kepemimpinan kementeriannya dan seluruh awak helikopter, adalah bencana besar kedua dalam empat hari yang menimpa Ukraina, setelah rudal Rusia menghantam sebuah gedung apartemen di tenggara kota Dnipro, menewaskan puluhan warga sipil.

Pada kebaktian yang suram di Kiev, Zelenskyy dan istrinya meletakkan bunga di masing-masing dari tujuh peti mati yang dibungkus dengan bendera biru dan kuning Ukraina. Zelenskyy kemudian berbicara singkat dengan keluarga, saat orkestra kecil memainkan adagio sedih.

Penyebab kecelakaan itu tidak diketahui tetapi Zelenskyy mengatakan sebelumnya bahwa itu terjadi karena negara sedang berperang. Pandangan itu diulangi oleh Ruslan Stefanchuk, ketua parlemen Ukraina, berbicara setelah kebaktian.

“Semua ini tidak akan terjadi jika bukan karena perang yang mengerikan dan tidak diumumkan yang dilakukan oleh Federasi Rusia melawan Ukraina,” kata Stefanchuk. “Oleh karena itu, kita harus mengingat ini dan tidak melupakan orang-orang ini. Karena bagi Ukraina dan Ukraina, setiap nyawa yang hilang adalah tragedi besar.”

Perang Rusia di Ukraina, mendekati akhir bulan ke-11, "dalam keadaan buntu," dengan pasukan Ukraina kemungkinan mencapai keuntungan kecil di timur laut, dekat kota Kreminna, sementara pasukan Rusia "kemungkinan telah menyusun kembali" di kota timur Soledar setelah merebutnya awal pekan ini, kata kementerian pertahanan Inggris, Sabtu.

“Ada kemungkinan realistis kemajuan lokal Rusia” di sekitar Bakhmut, sebuah kota timur yang direbut akan memberi Kremlin kemenangan yang telah lama ditunggu-tunggu setelah berbulan-bulan mengalami kemunduran di medan perang, kata kementerian Inggris dalam pembaruan Twitter regulernya.

Pertempuran sengit untuk Bakhmut telah berkecamuk dan tiga warga sipil tewas oleh penembakan Rusia di wilayah timur Donetsk, wakil kepala kantor kepresidenan Ukraina melaporkan pada Sabtu pagi.

Secara total, lima warga sipil tewas dan 13 lainnya terluka oleh penembakan Rusia selama 24 jam terakhir di timur dan selatan Ukraina, tempat pertempuran aktif sedang berlangsung, kata Kyrylo Tymoshenko dalam sebuah posting Telegram.

Pasukan Ukraina semalam memukul mundur serangan Rusia di Bakhmut dan bagian lain dari timur negara yang diperangi, kata militer dalam pembaruan Facebook Sabtu pagi. (AFP/AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home