Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:06 WIB | Jumat, 17 Juni 2022

Ukraina: Korban Tewas Tentara Rusia Bisa Mencapai 40.000

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy. (Foto: dok. Ist)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, pada hari Senin (13/6), hari ke-109 sejak invasi Rusia, mengatakan bahwa jumlah korban tewas tentara Rusia dalam konflik tersebut dapat melewati 40.000 orang pada bulan Juni.

“Jenderal Rusia melihat orang-orang mereka hanya sebagai umpan meriam yang mereka butuhkan untuk mendapatkan keuntungan dalam jumlah, dalam tenaga kerja, dalam peralatan militer. Dan ini hanya berarti satu hal: Rusia dapat melewati batas 40.000 tentaranya yang hilang pada bulan Juni. Tidak ada perang lain dalam beberapa dekade, mereka kehilangan begitu banyak,” kata Zelenskyy dalam pidato hariannya.

Dia menambahkan: “Tentara Rusia sedang mencoba untuk mengerahkan pasukan cadangan di Donbas. Tapi cadangan apa yang bisa mereka miliki sekarang? Tampaknya mereka akan mencoba untuk berperang dengan wajib militer yang kurang terlatih dan mereka yang dikumpulkan dengan mobilisasi rahasia.”

Presiden Ukraina juga menekankan seruan untuk sistem pertahanan udara canggih dari Barat.

“Hari ini adalah hari ke-109 perang skala penuh, tetapi bukan hari ke-109 kami memberi tahu mitra kami hal sederhana: Ukraina membutuhkan sistem pertahanan rudal modern,” katanya.

Dia menambahkan: “Pasokan sistem seperti itu dimungkinkan tahun ini, tahun lalu dan bahkan lebih awal. Apakah kita mendapatkannya? Tidak. Apakah Anda membutuhkannya? Sudah ada 2.606 jawaban afirmatif untuk pertanyaan ini dalam bentuk berbagai rudal jelajah Rusia yang menghantam kota-kota Ukraina,” katanya.

“Di kota-kota kami, di desa-desa kami untuk periode mulai 24 Februari. Ini adalah kehidupan yang bisa diselamatkan, tragedi yang bisa dicegah jika Ukraina didengarkan.”

Rusia Gunakan Senjata Yang Sebabkan Korban Massal

Sementara itu, pejabat Ukraina dan Inggris pada Sabtu memperingatkan bahwa pasukan Rusia mengandalkan senjata yang dapat menyebabkan korban massal ketika mereka mencoba untuk membuat kemajuan dalam merebut wilayah Ukraina timur dan pertempuran sengit yang berkepanjangan menghabiskan sumber daya di kedua sisi.

Pembom Rusia kemungkinan telah meluncurkan rudal anti-kapal era 1960-an yang berat di Ukraina, kata Kementerian Pertahanan Inggris. Rudal Kh-22 terutama dirancang untuk menghancurkan kapal induk menggunakan hulu ledak nuklir.

Ketika digunakan dalam serangan darat dengan hulu ledak konvensional, mereka “sangat tidak akurat dan oleh karena itu dapat menyebabkan kerusakan dan korban yang parah,” kata kementerian itu.

Kedua belah pihak telah mengeluarkan sejumlah besar persenjataan dalam pertempuran di wilayah timur memperebutkan tambang batu bara dan pabrik di Donbas, menempatkan beban besar pada sumber daya dan persediaan mereka.

Rusia kemungkinan menggunakan rudal anti-kapal 5,5 ton (6,1 ton) karena kekurangan rudal modern yang lebih presisi, kata kementerian Inggris. Namun dia tidak memberikan rincian di mana tepatnya rudal tersebut diperkirakan telah dikerahkan.

Ketika Rusia juga berusaha untuk mengkonsolidasikan penguasaannya atas wilayah yang direbut sejauh ini dalam perang 109 hari, menteri pertahanan AS mengatakan invasi Moskow ke Ukraina “adalah apa yang terjadi ketika penindas menginjak-injak aturan yang melindungi kita semua.”

“Inilah yang terjadi ketika kekuatan besar memutuskan bahwa selera kekaisaran mereka lebih penting daripada hak-hak tetangga mereka yang damai,” kata Lloyd Austin saat berkunjung ke Asia. “Dan ini adalah pratinjau dari kemungkinan kekacauan dunia dan kekacauan di tempat yang tidak ingin kita tinggali.”

Rusia Klaim Serang Pasokan Senjata AS

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan pihaknya menghancurkan gudang yang penuh dengan sistem rudal anti-tank dan anti-pesawat yang disediakan ke Ukraina oleh AS dan Uni Eropa, kantor berita negara TASS melaporkan pada hari Minggu (12/6).

Angkatan udara Rusia menggunakan rudal jelajah Kalibr dalam serangan yang menghancurkan gudang senjata besar yang terletak di wilayah Ternopil, kata juru bicara kementerian pertahanan Rusia, Mayor Jenderal Igor Konashenkov.

“Rudal berbasis laut jarak jauh Kalibr presisi tinggi di daerah pemukiman Chortkiv, wilayah Ternopil, menghancurkan gudang besar sistem rudal anti-tank yang dipasok ke rezim Kiev dari AS dan negara-negara Eropa, anti sistem rudal pesawat dan peluru artileri untuk sistem senjata,” tambah Konashenkov.

Pekan lalu, Presiden Rusia, Vladimir Putin, memperingatkan AS bahwa Moskow akan menyerang "target baru" jika Barat memasok rudal jarak jauh ke Ukraina untuk digunakan dalam Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi M142 (HIMARS).

Washington mengatakan pihaknya menerima jaminan dari Kiev bahwa rudal jarak jauh tidak akan digunakan untuk menyerang sasaran di Rusia.(AP/Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home