Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 19:29 WIB | Minggu, 22 Mei 2022

Ukraina Kritik Festival Film Cannes Karena Hadirkan Sutradara Rusia

Pemutaran film R.M.N. dalam kompetisi Cannes, Prancis, pada hari Sabtu, 21 Mei 2022. Pemandangan umum karpet merah. (Foto: dok. Reuters)

PARIS, SATUHARAPAN.COM-Sutradara Ukraina, Dmytro Sukholytkyy-Sobchuk, mengkritik Festival Film Cannes karena memasukkan sutradara Rusia dalam daftarnya, saat film "Pamfir" diputar di Director Fortnight Cannes pada hari Sabtu (21/5).

Festival tersebut telah melarang delegasi resmi Rusia untuk hadir, tetapi pembangkang Rusia, Kirill Serebrennikov, yang telah berbicara menentang invasi ke Ukraina, menayangkan film kompetisinya "Tchaikovsky's Wife" di festival tersebut pada hari Rabu.

"Ketika dia di sini, dia adalah bagian dari propaganda Rusia, dan mereka dapat menggunakannya," kata Sukholytkyy-Sobchuk kepada Reuters, Sabtu (21/5).

Sutradara Rusia Serebrennikov mengatakan awal pekan ini bahwa budaya Rusia tidak boleh diboikot, dengan mengatakan bahwa budaya Rusia “selalu mempromosikan nilai-nilai kemanusiaan.”

Sutradara Ukraina Sukholytkyy-Sobchuk menggambarkan sensasi berada di Cannes saat negaranya berperang melawan invasi Rusia sebagai "asing".

“Segala sesuatu yang terjadi di sini, itu adalah sesuatu yang tidak seharusnya ada di Ukraina, kehidupan yang damai… Kami memiliki (sebuah) kenyataan yang berlawanan,” katanya.

Terletak di hutan wilayah Chernivtsi, Ukraina barat, “Pamfir” dimulai dengan kisah kembalinya seorang ayah, Leonid, ke keluarganya setelah berbulan-bulan bekerja di Polandia.

Kebakaran gereja yang dikaitkan dengan putra Leonid, Nazar, memaksa sang ayah untuk mengambil pekerjaan penyelundupan, membuat marah bos penyelundupan setempat.

Dengan mengacu pada tragedi Yunani dan kisah Alkitab tentang Abraham dan Ishak, kisah perjuangan untuk penebusan memiliki resonansi dengan konflik yang sedang berlangsung.

“(Film) adalah cerminan dari kekuatan dan kekuatan rakyat Ukraina, yang sangat kuat dan yang akan menang. Ini hanya masalah waktu... karena kita tidak bisa dikalahkan,” kata Oleksandr Yatsentyuk, yang memerankan Leonid. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home