Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 06:55 WIB | Senin, 06 Februari 2023

Ukraina Melobi Negara-negara untuk Boikot Rusia pada Olimpiade Paris

Olena Kostevych dan Bogdan Nikishin, dari Ukraina, membawa bendera negara mereka saat upacara pembukaan di Stadion Olimpiade pada Olimpiade Musim Panas 2020, pada 23 Juli 2021, di Tokyo, Jepang. Ukraina telah meningkatkan upaya untuk melobi para pemimpin olah raga internasional terhadap partisipasi Rusia di Olimpiade Paris tahun depan sebagai indikasi yang meningkat bahwa pertandingan tersebut dapat melihat boikot terbesar sejak Perang Dingin. (Foto: dok. AP/David J. Phillip)

KIEV, SATUHARAPAN.COM - Olimpiade Paris yang akan digelar tahun depan dan invasi Rusia yang berkepanjangan, menteri olahraga Ukraina pada hari Jumat (3/2) memperbarui ancaman untuk memboikot pertandingan jika Rusia dan Belarusia diizinkan untuk bersaing, dan mengatakan Kiev akan melobi bangsa lain untuk bergabung.

Langkah seperti itu dapat menyebabkan keretakan terbesar dalam gerakan Olimpiade sejak era Perang Dingin.

Tidak ada negara yang menyatakan akan memboikot Olimpiade Musim Panas 2024. Tetapi Ukraina mendapat dukungan dari Polandia, negara-negara Baltik, dan Denmark, yang menolak rencana Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk mengizinkan delegasi dari Rusia dan sekutunya Belarusia untuk bersaing di Paris sebagai "atlet netral", tanpa bendera atau lagu kebangsaan.

“Kami tidak dapat berkompromi dengan penerimaan atlet Rusia dan Belarusia,” kata Menteri Olahraga Ukraina, Vadym Huttsait, yang juga mengepalai komite Olimpiade nasionalnya, mengutip serangan terhadap negaranya, kematian atletnya, dan penghancuran fasilitas olah raganya.

Pertemuan komite tidak berkomitmen untuk memboikot tetapi menyetujui rencana untuk mencoba membujuk pejabat olah raga global dalam dua bulan ke depan, termasuk diskusi tentang kemungkinan boikot.

Huttsait menambahkan: "Sebagai opsi terakhir, tetapi saya perhatikan bahwa ini adalah pendapat pribadi saya, jika kami tidak berhasil, maka kami harus memboikot Olimpiade."

Paris akan menjadi Olimpiade terakhir di bawah kepemimpinan IOC Thomas Bach, yang melihat warisannya setelah masa jabatan yang ditandai dengan perselisihan atas status Rusia: pertama karena skandal doping yang meluas dan sekarang karena perang di Ukraina.

Pandangan Bach dibentuk ketika dia adalah peraih medali emas Olimpiade di bidang anggar dan negaranya, Jerman Barat, mengambil bagian dalam pemboikotan Olimpiade 1980 yang dipimpin Amerika Serikat di Moskow atas invasi Soviet ke Afghanistan. Dia mengutuk keputusan itu sejak saat itu.

Tanggapan Rusia

Rusia dengan hati-hati menyambut baik keputusan IOC untuk memberikannya jalan ke Olimpiade, tetapi menuntut agar negara itu membatalkan syarat yang akan mengesampingkan para atlet yang dianggap "secara aktif mendukung perang di Ukraina".

Ketua Komite Olimpiade Rusia, Stanislav Pozdnyakov, yang merupakan rekan setim Huttsait Ukraina di Olimpiade 1992, menyebut aspek itu diskriminatif. IOC, yang sebelumnya merekomendasikan untuk mengecualikan Rusia dan Belarusia dari olah raga dunia dengan alasan keamanan, sekarang berpendapat tidak dapat mendiskriminasi mereka hanya berdasarkan kewarganegaraan.

Para pemimpin Estonia, Latvia, dan Lituania mendesak IOC untuk melarang Rusia dan mengatakan kemungkinan boikot.

“Saya pikir upaya kita harus meyakinkan teman dan sekutu kita yang lain bahwa partisipasi atlet Rusia dan Belarusia salah,” kata Perdana Menteri Estonia, Kaja Kallas. “Jadi boikot adalah langkah selanjutnya. Saya pikir orang akan mengerti mengapa ini perlu.”

Atlet, Olah Raga dan Perang

IOC mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “ancaman boikot ini hanya mengarah pada eskalasi situasi lebih lanjut, tidak hanya dalam olah raga, tetapi juga dalam konteks yang lebih luas. Sangat disesalkan bahwa politisi menyalahgunakan atlet dan olah raga sebagai alat untuk mencapai tujuan politik mereka.”

Ia menambahkan dengan blak-blakan: "Mengapa menghukum atlet dari negara Anda karena pemerintah Rusia yang memulai perang?"

Menteri olah raga Polandia, Kamil Bortniczuk, mengatakan sebanyak 40 negara dapat bersama-sama mengutuk partisipasi Rusia dan Belarusia di Paris dalam sebuah pernyataan pekan depan, tetapi itu dapat menghentikan ancaman boikot. Dia mengatakan kepada kantor berita negara PAP bahwa IOC "naif" dan harus merenungkan posisinya.

Denmark menginginkan pelarangan atlet Rusia "dari semua olah raga internasional selama serangan mereka terhadap Ukraina berlanjut," kata Menteri Kebudayaan Denmark, Jakob Engel-Schmidt.

“Kita tidak boleh goyah dalam hubungannya dengan Rusia. Garis pemerintah jelas. Rusia harus dilarang,” katanya. “Ini juga berlaku untuk atlet Rusia yang berpartisipasi di bawah bendera netral. Sangat tidak dapat dipahami bahwa tampaknya ada keraguan tentang garis di IOC.”

Ditanya tentang ancaman boikot dan rencana IOC, ketua panitia penyelenggara Paris 2024, Tony Estanguet, tidak akan berkomentar “tentang keputusan politik.”

“Tugas saya adalah memastikan bahwa semua atlet yang ingin berpartisipasi akan ditawarkan kondisi terbaik dalam hal keamanan, untuk menawarkan mereka kesempatan mewujudkan impian mereka,” katanya di Marseille.

Ukraina memboikot beberapa acara olah raga tahun lalu daripada bersaing dengan Rusia. Huttsait mengatakan boikot akan sangat sulit, dengan mengatakan “sangat penting bagi kami bahwa bendera kami ada di Olimpiade; sangat penting bagi kami bahwa atlet kami berada di podium. Sehingga kami menunjukkan bahwa Ukraina kami dulu, sekarang, dan akan ada.”

Atlet Ukraina Siap Boikot Rusia

Marta Fedina, 21 tahun, peraih medali perunggu Olimpiade renang artistik, mengatakan di Kiev bahwa dia “siap untuk boikot.”

“Bagaimana saya akan menjelaskan kepada pembela kami jika saya bahkan hadir di lapangan olahraga yang sama dengan orang-orang ini,” katanya merujuk pada atlet Rusia. Dia mencatat kolam renangnya di Kharkiv, tempat dia tinggal ketika Moskow menginvasi, dirusak oleh perang.

Pembicara pada pertemuan majelis Komite Olimpiade Ukraina menyuarakan keprihatinan tentang Moskow yang menggunakan Paris untuk propaganda dan mencatat hubungan dekat antara beberapa atlet dan militer Rusia.

Sekretaris pers Gedung Putih, Karine Jean-Pierre, mengatakan hari Kamis (2/2) jika atlet dari kedua negara berkompetisi, "harus jelas bahwa mereka tidak mewakili negara Rusia atau Belarusia." Los Angeles akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2028.

Jika proposal IOC berlaku, Paris akan menjadi Olimpiade keempat berturut-turut di mana atlet Rusia berkompetisi tanpa bendera atau lagu kebangsaan. Tim Rusia di Olimpiade Musim Dingin 2018 dan 2022 serta Olimpiade Musim Panas 2021 semuanya terjebak dalam dampak dari serangkaian kasus doping.

Terakhir kali banyak negara memboikot Olimpiade adalah pada tahun 1988, ketika Korea Utara dan lainnya menolak untuk menghadiri Olimpiade Musim Panas di Korea Selatan. Tim Korea Utara tidak hadir di Olimpiade Tokyo 2021, dengan alasan kekhawatiran tentang pandemi virus corona. Akibatnya, IOC melarangnya mengikuti Pertandingan Musim Dingin di Beijing, dengan mengatakan bahwa tim memiliki kewajiban untuk menghadiri setiap Olimpiade.

Sikap Asosiasi Olah Raga

Meskipun IOC menetapkan nada perdebatan dengan menerbitkan saran untuk menemukan cara membantu Rusia dan Belarusia bersaing, keputusan harus dibuat untuk badan pengatur olah raga individu yang menyelenggarakan acara pada program 32 olah raga Paris.

Organisasi-organisasi itu, banyak yang berbasis di rumah IOC di Lausanne, Swiss, menjalankan kompetisi kualifikasi dan Olimpiade mereka sendiri dan memutuskan kriteria kelayakan untuk atlet dan tim.

Persatuan Sepeda Internasional menandatangani rencana IOC menjelang acara kualifikasi Olimpiade untuk memungkinkan atlet Rusia dan Belarusia bersaing sebagai "netral".

Atletik Dunia dan asosiasi sepak bola FIFA termasuk di antara sebagian besar olah raga yang mengecualikan atlet dan tim Rusia dalam beberapa hari setelah dimulainya perang. Tenis dan bersepeda membuat banyak orang Rusia dan Belarusia terus bersaing sebagai tim netral. Badan pengatur lainnya lebih dekat dengan IOC atau secara tradisional memiliki ikatan komersial dan politik yang kuat dengan Rusia.

Salah satu pertemuan kunci bisa terjadi pada 3 Maret di Lausanne dari kelompok payung olah raga Pertandingan Musim Panas, yang dikenal sebagai ASOIF. Itu diketuai oleh Francesco Ricci Bitti, mantan anggota IOC ketika dia memimpin Federasi Tenis Internasional, dan termasuk presiden Atletik Dunia, Sebastian Coe.

ASOIF menolak berkomentar pada hari Jumat, meskipun mencatat pekan ini “pentingnya menghormati kekhususan setiap federasi dan proses kualifikasi khusus mereka” untuk Paris. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home