Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:08 WIB | Rabu, 08 Juni 2022

Ukraina Mendesak Israel Menjual Sistem Pencegat Rudal Iron Dome

Sebuah gambar menunjukkan baterai sistem pertahanan Iron Dome, yang dirancang untuk mencegat dan menghancurkan roket jarak pendek dan peluru artileri yang masuk, dan kendaraan militer Israel yang ditempatkan di dekat perbatasan dengan Lebanon di Dataran Tinggi Golan pada 18 Februari 2022. (Foto: dok. AFP)

TEL AVIV, SATUHARAPAN.COM-Duta Besar Ukraina untuk Israel mendesak Israel untuk menjual sistem pencegat roket Iron Dome dan menyediakan rudal anti-tank untuk membela warga sipil dari invasi Rusia.

Dubes Yevgen Korniychuk pada hari Selasa (7/6z0 berhenti menuduh Israel memblokir penjualan sistem pertahanan rudal. Tapi dia ingin pemerintah Israel untuk meningkatkan dukungan untuk Ukraina dengan bantuan militer. Pada konferensi pers di Tel Aviv, dia mengatakan Ukraina ingin membeli sistem Iron Dome, dengan mengatakan bahwa AS tidak akan menentang penjualan semacam itu.

AS telah secara finansial mendukung Iron Dome Israel selama sekitar satu dekade, menyediakan sekitar US$1,6 miliar untuk produksi dan pemeliharaannya, menurut Layanan Penelitian Kongres. Sistem ini dirancang untuk mencegat dan menghancurkan roket jarak pendek yang ditembakkan ke Israel.

Korniychuk juga mengatakan Israel pekan lalu menolak permintaan AS agar Jerman mengirimkan rudal anti-tank "Spike" berlisensi Israel ke Ukraina.

Israel telah membatasi dukungannya untuk Ukraina pada bantuan kemanusiaan dan merupakan satu-satunya negara yang mengoperasikan rumah sakit lapangan di dalam negeri Ukraina pada awal tahun.

Israel khawatir membantu Ukraina secara militer akan mengobarkan Rusia, yang memiliki kehadiran militer di negara tetangga Suriah. Israel, yang sering melakukan serangan terhadap target musuh di Suriah, bergantung pada Rusia untuk koordinasi keamanan.

Kementerian Pertahanan Israel belum berkomentar. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home