Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:28 WIB | Sabtu, 27 Agustus 2022

Ukraina: Pembangkit Nuklir Zaporizhzhia Dalam Keadaan Bahaya

Pemandangan pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia, di Zaporizhzhia, Ukraina, pada 13 Agustus 2022. (Foto: dok. Reuters)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengatakan situasi di pembangkit nuklir Zaporizhzhia "tetap sangat berisiko, berbahaya" bahkan setelah dua unit listrik terhubung kembali ke jaringan energi negara itu setelah pemadaman.

Pabrik itu bekerja “meskipun ada provokasi dengan pendudukan oleh pasukan Rusia,” kata operator milik negara Energoatom.

Pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa, yang terletak di selatan Ukraina, terputus dari jaringan Ukraina untuk pertama kalinya dalam sejarahnya pada hari Kamis (25/8)setelah kebakaran yang disebabkan oleh penembakan yang merusak saluran listrik.

Rusia, yang menginvasi Ukraina pada bulan Februari, mengambil alih pembangkit nuklir pada bulan Maret, meskipun masih dioperasikan oleh teknisi Ukraina yang bekerja untuk Energoatom.

Zelenskyy mengatakan dalam sebuah pidato video bahwa Badan Energi Atom Internasional harus diizinkan tiba "paling cepat untuk membantu mencegah insiden lebih lanjut."

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Josep Borrell, juga menyatakan keprihatinan tentang situasi tersebut. (Bloomberg)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home