Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:59 WIB | Jumat, 26 Agustus 2022

Ukraina Peringati Hari Kemerdekaan, Rusia Serang Stasiun, 22 Warga Tewas

Orang-orang berjalan di sekitar kendaraan militer Rusia yang hancur yang dipasang di pusat kota Kiev, Ukraina, Rabu, 24 Agustus 2022. Pihak berwenang Kiev telah melarang pertemuan massal di ibukota hingga Kamis (25/8) karena takut akan serangan rudal Rusia. Hari Kemerdekaan, seperti tanda enam bulan dalam perang, jatuh pada hari Rabu (24/8). (Foto: AP/Evgeniy Maloletka)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Pasukan Rusia pada Rabu meluncurkan serangan roket ke stasiun kereta api Ukraina pada Hari Kemerdekaan negara yang diperangi, menewaskan 22 orang. Presiden Volodymyr Zelenskyy mengatakan itu setelah memperingatkan selama berhari-hari bahwa Moskow mungkin mencoba "sesuatu yang sangat kejam" pekan ini.

Serangan mematikan itu terjadi di Chaplyne, sebuah kota berpenduduk sekitar 3.500 orang di wilayah Dnipropetrovsk tengah, kata kantor berita Ukraina mengutip Zelenskyy kepada Dewan Keamanan PBB melalui video. Kantor presiden juga melaporkan bahwa seorang anak berusia 11 tahun tewas oleh tembakan roket pada hari sebelumnya di pemukiman tersebut.

“Chaplyne adalah penderitaan kita hari ini,” kata Zelenskyy dalam video pidato malamnya kepada bangsa. Pada satu titik, Zelenskyy menyebutkan jumlah yang terluka sekitar 50 orang. Wakil kepala kantor Zelenskyy kemudian mengatakan 22 orang terluka dalam serangan itu, yang menabrak lima gerbong penumpang.

Ukraina telah bersiap-siap untuk serangan-serangan berat terutama di sekitar hari libur nasional yang memperingati deklarasi kemerdekaan Ukraina dari Uni Soviet pada tahun 1991. Hari Rabu juga menandai titik enam bulan dalam perang.

Beberapa hari menjelang Hari Kemerdekaan, pihak berwenang Kiev melarang pertemuan besar di ibu kota hingga Kamis karena takut akan serangan rudal.

Penduduk Kiev, yang sebagian besar selamat dalam beberapa bulan terakhir, bangun pada hari Rabu karena sirene serangan udara, tetapi tidak ada serangan segera yang menyusul. Seiring berlalunya hari, pemboman Rusia dilaporkan terjadi di timur, barat dan tengah negara itu, dengan serangan paling serius tampaknya di stasiun kereta api.

Perayaan Yang Tetap Meriah

Perdana Menteri Inggris yang akan mengundurkan diri, Boris Johnson, menandai liburan dengan kunjungan ke Kiev, yang ketiga sejak perang pecah, dan para pemimpin Eropa lainnya menggunakan kesempatan itu untuk menjanjikan dukungan tak tergoyahkan untuk Ukraina.

Ukraina terkunci dalam pertempuran yang secara luas diperkirakan akan menjadi penaklukan kilat oleh Moskow tetapi telah berubah menjadi pertempuran berkepanjangan. Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, mengumumkan paket bantuan militer baru senilai hampir US$3 miliar untuk membantu pasukan Ukraina berperang selama bertahun-tahun yang akan datang.

Selama akhir pekan, Zelenskyy memperingatkan bahwa Rusia “mungkin mencoba melakukan sesuatu yang sangat jahat, sesuatu yang sangat kejam” pekan ini. Dia mengulangi peringatan sebelum serangan stasiun kereta api, dengan mengatakan, "provokasi Rusia dan serangan brutal adalah suatu kemungkinan."

Namun demikian, suasana meriah tetap ada pada siang hari di alun-alun Maidan Kiev ketika ribuan penduduk berpose untuk berfoto di samping tank-tank Rusia yang terbakar yang dipajang. Penyanyi rakyat ditampilkan, dan banyak orang yang bersuka ria, mengabaikan sirene, keluar dan berkeliling dengan gaun dan kemeja bersulam tradisional. Meskpiun yang lain masih ketakutan.

“Saya tidak bisa tidur di malam hari karena apa yang saya lihat dan dengar tentang apa yang sedang dilakukan di Ukraina,” kata seorang pensiunan yang hanya menyebut nama depannya, Tetyana, suaranya bergetar karena emosi. “Ini bukan perang. Ini adalah penghancuran rakyat Ukraina.”

Dalam pesan liburan ke negara itu, Zelenskyy bersorak atas keberhasilan Ukraina dalam menangkis pasukan Moskow sejak invasi, dengan mengatakan: “Pada 24 Februari, kami diberitahu: Anda tidak memiliki kesempatan. Pada 24 Agustus, kami mengucapkan: Selamat Hari Kemerdekaan, Ukraina!”

Johnson dari Inggris mendesak sekutu Barat untuk mendukung Ukraina selama musim dingin. “Ini bukan waktunya untuk mengajukan proposal negosiasi yang lemah,” katanya. "Anda tidak bisa bernegosiasi dengan beruang saat ia memakan kaki Anda atau dengan perampok jalanan saat Anda dijepit ke lantai."

Rusia Hadapi Perlawanan Yang Keras

Sebuah bom mobil di luar Moskow yang menewaskan putri berusia 29 tahun dari ahli teori politik sayap kanan Rusia, Alexander Dugin, pada hari Sabtu (20/8) juga meningkatkan kekhawatiran bahwa Rusia mungkin mengintensifkan serangan terhadap Ukraina pekan ini. Para pejabat Rusia menyalahkan Ukraina atas kematian Darya Dugina, seorang komentator TV pro Kremlin. Ukraina membantah terlibat.

Pasukan Presiden Rusia, Vladimir Putin, telah menghadapi perlawanan keras yang tak terduga dari Ukraina dalam invasi mereka dan meninggalkan upaya mereka untuk menyerbu ibu kota pada musim semi. Pertempuran telah berubah menjadi kerja keras yang telah membuat lingkungan menjadi puing-puing dan mengirimkan gelombang kejutan ke seluruh ekonomi dunia.

Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, berbicara pada hari Rabu pada pertemuan rekan-rekannya dari sebuah organisasi keamanan yang didominasi oleh Rusia dan China, mengklaim lambatnya aksi militer Moskow adalah karena apa yang dia katakan sebagai upaya untuk menyelamatkan warga sipil.

Pasukan Rusia telah berulang kali menargetkan wilayah sipil di kota-kota, termasuk rumah sakit dan teater Mariupol tempat ratusan orang berlindung.

Tetapi Shoigu mengatakan Rusia melakukan serangan dengan senjata presisi terhadap sasaran militer Ukraina, dan “semuanya dilakukan untuk menghindari korban sipil.”

“Tidak diragukan lagi, itu memperlambat laju serangan, tetapi kami melakukannya dengan sengaja,” katanya.

Di medan pertempuran, pasukan Rusia menyerang beberapa kota dan desa di Provinsi Donetsk di timur selama 24 jam, menewaskan satu orang, kata pihak berwenang. Sebuah toko bahan bangunan di kota Donetsk dihantam peluru dan terbakar, kata wali kota. Tidak ada laporan segera tentang cedera.

Di wilayah Dnipropetrovsk, Rusia kembali menembaki kota Nikopol dan Marhanets, merusak beberapa bangunan dan melukai orang, kata pihak berwenang. Pasukan Rusia juga menembaki kota Zaporizhzhia, tetapi tidak ada korban yang dilaporkan.

Selain itu, roket Rusia menghantam target yang tidak ditentukan di wilayah Khmelnytskyi, sekitar 300 kilometer (180 mil) barat Kiev, kata gubernur regional. Serangan di sana jarang terjadi. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home