Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:27 WIB | Selasa, 16 Agustus 2022

Ukraina Tangkis Belasan Serangan Rusia di Timur dan Utara

Ukraina Tangkis Belasan Serangan Rusia di Timur dan Utara
Mantan striker dan pelatih tim nasional sepak bola Ukraina, Andriy Shevchenko, kiri, dan aktor Amerika, Liev Schreiber, berbicara kepada media di depan sebuah rumah yang telah dihancurkan oleh pemboman Rusia di Borodianka, dekat Kiev, Ukraina, pada Senin, 15 Agustus, 2022. (Foto: AP/Evgeniy Maloletka)
Ukraina Tangkis Belasan Serangan Rusia di Timur dan Utara
Seorang pria membersihkan apartemen yang hancur setelah penembakan Rusia di Nikopol, Ukraina, Senin, 15 Agustus 2022. (Foto: AP/Kostiantyn Liberov)
Ukraina Tangkis Belasan Serangan Rusia di Timur dan Utara

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Militer Ukraina mengatakan bahwa mereka telah menangkis lebih dari selusin serangan Rusia di timur dan utara negara itu, termasuk upaya untuk maju ke kota-kota utama di jantung industri timur yang dikenal sebagai Donbas.

Dalam pembaruan Facebook regulernya, hari Senin (15/8), staf umum militer mengatakan pasukan Rusia telah berusaha untuk mendorong Kramatorsk, salah satu dari dua kota besar di Provinsi Donetsk timur yang tetap berada di bawah kendali Ukraina, tetapi “mereka gagal sepenuhnya dan mundur secara kacau ke posisi mereka sebelumnya.”

Di pos yang sama, militer mengatakan pasukan Rusia telah melancarkan serangan yang gagal di Bakhmut, sebuah kota strategis di wilayah Donetsk yang penangkapannya akan membuka jalan bagi Rusia untuk merebut Kramatorsk dan ibu kota administratif de facto Ukraina, Sloviansk.

Wilayah Donetsk adalah salah satu dari dua provinsi yang membentuk Donbas, di mana pertempuran sebagian besar telah difokuskan dalam beberapa bulan terakhir, sejak pasukan Kremlin mundur dari sekitar ibu kota, Kiev.

Pejabat Rusia mengumumkan perebutan penuh wilayah Luhansk, yang kedua dari keduanya, awal bulan lalu, meskipun gubernur Ukrainanya telah berulang kali mengklaim bahwa pasukan Kiev bertahan di daerah kecil dekat perbatasan regional.

Dalam pembaruan yang sama, militer mengklaim bahwa Rusia telah mencoba dan gagal menembus garis pertahanan Ukraina di wilayah Kharkiv utara, rumah bagi kota terbesar kedua di Ukraina, tetapi “dibalas dengan kasar dan dilempar kembali.”

Sementara itu, FSB Rusia, agen penerus utama KGB, mengatakan bahwa mereka telah menggagalkan “sabotase dan serangan teroris” pada pipa minyak di wilayah Volgograd selatan Rusia, yang dituduhkan pada dua warga Rusia yang berkolusi dengan pasukan keamanan Ukraina. Klaim itu tidak dapat segera diverifikasi.

Di tempat lain, pejabat Rusia dan Ukraina saling tuding tentang penembakan baru pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia, dengan masing-masing pihak menuduh bahwa yang lain bertanggung jawab atas serangan yang telah menimbulkan kekhawatiran akan bencana.

Kantor pers administrasi yang didukung Kremlin di Enerhodar, kota yang dikuasai Rusia di mana pabrik itu berada, mengatakan kepada kantor berita Interfax bahwa pasukan Ukraina melakukan “penembakan besar-besaran” terhadap fasilitas tersebut, serta kawasan perumahan dan industri Enerhodar.

Menurut pernyataan itu, penembakan itu datang dari dekat Nikopol, sebuah kota yang dikuasai Ukraina yang menghadap pabrik di seberang Sungai Dnieper.

Walikota Nikopol kemudian mengatakan bahwa Rusia menembaki Enerhodar sendiri. Walikota Yevhen Yevtushenko dan otoritas kota lainnya di Nikopol telah berulang kali menuduh pasukan Rusia yang ditempatkan di pabrik menembaki kota, mengetahui bahwa pasukan Ukraina di sana tidak mungkin membalas.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy memperbarui seruannya untuk sanksi baru terhadap Moskow dan industri nuklirnya sebagai tanggapan atas situasi tersebut. Dia menggambarkan tindakan pasukan Rusia di sana sebagai “pemerasan nuklir” yang dapat memberanikan aktor jahat di seluruh dunia.

Ketika pasukan Rusia terus melancarkan serangan artileri mereka di sekitar Ukraina, setidaknya tiga warga sipil Ukraina tewas dan 20 lainnya luka-luka, kata para pejabat Ukraina.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Letnan Jenderal Igor Konashenkov mengatakan Senin bahwa pesawat tempur Rusia telah menyerang posisi tentara Ukraina di wilayah Kherson selatan dan di wilayah Donetsk. Dia menambahkan bahwa angkatan udara Rusia juga menyerang sebuah fasilitas di wilayah Kharkiv, menewaskan sedikitnya 100 orang dan melukai 50 "tentara bayaran" dari Polandia dan Jerman. Klaimnya tidak dapat diverifikasi secara independen.

Berbicara pada pembukaan pameran senjata di luar Moskow, Presiden Rusia Vladimir Putin memuji militer, yang katanya “membebaskan Donbas selangkah demi selangkah.” Dia juga berjanji untuk memperluas penjualan senjata ke sekutu Rusia, yang dia puji karena terus menawarkan dukungan kuat ke Moskow dalam menghadapi tekanan Barat.

Sementar militer Ukraina mengklaim telah menghancurkan lebih dari 10 gudang Rusia dengan amunisi dan peralatan militer dalam seminggu terakhir.

Perkembangan Lain Invasi Rusia di Ukraina:

  • Ajukan Banding-Pengacara untuk bintang bola basket Amerika, Brittney Griner, mengajukan banding terhadap hukuman penjara sembilan tahun di Rusia karena kepemilikan narkoba, kata kantor berita Rusia melaporkan. Griner, pemain center untuk Phoenix Mercury dan peraih medali emas Olimpiade dua kali, dihukum pada 4 Agustus. Dia ditangkap pada Februari di Bandara Sheremetyevo Moskow setelah tabung vape berisi minyak ganja ditemukan di bagasinya.
  • Darurat Militer-Parlemen Ukraina memperpanjang darurat militer dan mobilisasi umum negara itu selama 90 hari lagi. Presiden Valodymyr Zelenskyy memberhentikan kepala tiga cabang regional badan keamanan utama Ukraina, SBU, di wilayah Kiev, Lviv dan Tarnopil. Kantor Zelenskyy tidak merinci alasan di balik kepindahan itu. Bulan lalu, dia memecat kepala SBU Ivan Bakanov dan seorang kepala jaksa, dengan mengatakan departemen mereka memiliki terlalu banyak orang yang menghadapi tuduhan bekerja sama dengan Rusia.
  • Sidang Pengadilan-Pengadilan terhadap lima pria Eropa yang ditangkap di Ukraina timur sedang berlangsung di pengadilan yang dikelola oleh separatis yang didukung Kremlin, media Rusia melaporkan. Tiga dari lima orang itu, seorang Swedia, seorang Kroasia dan seorang Inggris, dapat menghadapi hukuman mati atas tuduhan melayani sebagai tentara bayaran dan "menjalani pelatihan untuk merebut kekuasaan" di bawah hukum yang memproklamirkan diri, Republik Rakyat Donetsk yang tidak diakui, Rusia media pemerintah melaporkan. Dua lainnya, keduanya warga Inggris, menghadapi hukuman penjara.
  • Melanggar Wilayah Udara-Sebuah pesawat pengintai militer Inggris melanggar wilayah udara Rusia, kata kementerian pertahanan Rusia. Kementerian mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pasukan pertahanan udara Rusia di barat laut Arktik Rusia telah melihat pesawat menuju perbatasan dari arah Laut Barents. Seorang pejuang Rusia mengidentifikasi pesawat itu sebagai RC-135 Angkatan Udara Inggris dan memaksanya keluar dari wilayah Rusia, kata kementerian itu.
  • Visa Turis Rusia-Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan Berlin tidak akan mendukung beberapa negara Eropa lainnya yang menyerukan langkah Uni Eropa untuk berhenti mengeluarkan visa turis kepada warga Rusia. Negara-negara yang mendukung larangan tersebut mengatakan bahwa Rusia tidak boleh berlibur di Eropa sementara Moskow mengobarkan perang di Ukraina. Finlandia dan Denmark menginginkan keputusan Uni Eropa dan beberapa negara Uni Eropa yang berbatasan dengan Rusia sudah tidak lagi mengeluarkan visa untuk Rusia. “Ini bukan perang rakyat Rusia. Ini adalah perang (Presiden Rusia Vladimir) Putin dan kami harus sangat jelas tentang topik itu,” kata Scholz. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home