Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:54 WIB | Selasa, 15 November 2022

Ukraina Teken Perjanjian Persahabatan dan Kerja Sama dengan ASEAN

Masalah Myanmar menjadi salah satu focks pembicaraan di KTT ASEAN di Phnom Penh, Kamboja.
Personel keamanan berjaga di luar tempat KTT Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) mendatang di Phnom Penh, Kamboja, Kamis, 10 November 2022. Para pemimpin Asia Tenggara mengadakan pertemuan dengan berbagai kelompok menjelang pembukaan KTT pada hari Jumat. (Foto: AP/Anupam Nath)

PHNOM PENH, SATUHARAPAN.COM-Ukraina menandatangani perjanjian damai dengan negara-negara Asia Tenggara (ASEAN), tindakan simbolis yang dilakukan saat Kiev berupaya untuk menopang dukungan internasional dalam mengisolasi Rusia.

Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, menandatangani “Perjanjian Persahabatan dan Kerjasama di Asia Tenggara” saat pertemuan puncak tahunan Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara itu berlangsung di Phnom Penh, ibu kota Kamboja.

KTT ASEAN memulai serangkaian tiga pertemuan tingkat atas di Asia, dengan KTT Kelompok 20 (G20) di Bali untuk mengikuti dan kemudian forum Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik di Bangkok. Mereka datang ketika Rusia mencari pasar baru untuk produk energinya guna menghindari sanksi Barat menyusul invasinya ke Ukraina.

Sebagai sebuah kelompok, negara-negara ASEAN, dengan populasi gabungan hampir 700 juta, telah mempertahankan pendirian mereka terhadap invasi, mengutuk perang tetapi umumnya berusaha menghindari menyalahkan. Delapan dari 10 negara ASEAN memberikan suara mendukung resolusi Majelis Umum PBB yang mengutuk agresi Rusia, dengan Vietnam dan Laos abstain.

Negara anggota Singapura telah mengambil sikap terkuat, menjatuhkan sanksi sepihak terhadap Rusia, sementara Kamboja semakin mendukung Ukraina dalam kepemimpinan ASEAN-nya.

Dalam percakapan telepon awal November dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen, menekankan perlunya diakhirinya perang “agar Ukraina dapat memperoleh kembali perdamaian, stabilitas, integritas teritorial, dan pembangunan,” menurut kantor Hun Sen.

"Kamboja menentang agresi, ancaman atau penggunaan kekuatan atas kedaulatan dan integritas teritorial negara merdeka, dan tidak mendukung pemisahan diri atau pencaplokan wilayah oleh negara lain," kata Hun Sen dalam pembicaraan tersebut.

Pemimpin Kamboja juga berjanji untuk mendukung aspirasi Ukraina untuk menjadi “Mitra Dialog Sektoral” dengan ASEAN, sebuah langkah menuju “Kemitraan Dialog” penuh yang dimiliki kelompok itu dengan Rusia, China, Amerika Serikat, dan lainnya.

Perjanjian damai “TAC” yang dibuat pada tahun 1976 mengikat para pihak untuk “saling menghormati kemerdekaan, kedaulatan, kesetaraan, integritas teritorial dan identitas nasional semua bangsa,” antara lain.

Dampak Invasi Rusia di Indo-Pasifik

Menjelang KTT, Daniel Kritenbrink, asisten menteri luar negeri Amerika Serikat untuk urusan Asia Timur dan Pasifik, mengatakan masuknya Ukraina penting, terutama karena invasi Rusia “telah mengirimkan gelombang kejutan di seluruh Indo-Pasifik, termasuk ekonomi Indo-Pasifik, karena kami telah melihat melalui kenaikan harga energi dan pangan.”

Dia mengatakan kepada panel yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Strategis dan Internasional Washington pada akhir Oktober bahwa AS akan bekerja dengan ASEAN untuk “memastikan bahwa Ukraina berpartisipasi secara bermakna dan bahwa para mitra mengirimkan pesan kuat bahwa negara-negara besar tidak dapat begitu saja mengambil apa yang mereka inginkan dari tetangga yang lebih kecil.”

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, menepis pertanyaan tentang pentingnya kehadiran Ukraina dalam pertemuan tersebut. “Tema ini secara umum tidak ada hubungannya dengan kami,” katanya kepada wartawan, hari Rabu.

Presiden AS Joe Biden menghadiri pertemuan ASEAN dan KTT paralel Asia Timur secara langsung, sementara Presiden Rusia, Vladimir Putin, tidak  hadir dengan Moskow yang mengirim Menteri Luar Negeri, Sergey Lavrov.

Indonesia mengkonfirmasi pada hari Kamis bahwa Putin juga tidak akan menghadiri KTT G-20 di Bali pekan depan, dan tampaknya tidak mungkin dia akan menghadiri KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik di Bangkok berikutnya.

Ketidakhadiran Putin seharusnya membuka pintu bagi Ukraina untuk mencoba memenangkan lebih banyak dukungan, tulis Susannah Patton, direktur Program Asia Tenggara di Lowy Institute, dalam sebuah analisis yang diterbitkan Kamis.

“Sementara pendapat di Asia tentang invasi Rusia ke Ukraina tetap beragam, KTT tampaknya akan lebih baik untuk Ukraina daripada Rusia, dan ketidakhadiran Putin akan melemahkan pembicaraan tentang poros Rusia ke Asia,” kata Patton.

KTT Tanpa Kehadiran Myanmar

ASEAN terdiri dari Kamboja, Filipina, Malaysia, Indonesia, Laos, Singapura, Thailand, Vietnam, Brunei, dan Myanmar. Para pemimpin Myanmar tidak diizinkan untuk berpartisipasi dalam pertemuan saat ini karena kekerasan yang sedang berlangsung di negara itu dan kurangnya upaya dalam mengimplementasikan rencana perdamaian kelompok tersebut, dan Myanmar menolak proposal untuk mengirim perwakilan non-politik.

Menjelang upacara pembukaan KTT ASEAN pada hari Jumat, para diplomat sudah mengerjakan masalah Myanmar dan bagaimana meningkatkan tekanan untuk mengikuti rencana perdamaian.

Rencana tersebut menyerukan penghentian segera kekerasan, dialog di antara semua pihak, mediasi oleh utusan khusus ASEAN, pemberian bantuan kemanusiaan dan kunjungan utusan khusus ke Myanmar untuk bertemu semua pihak.

Diplomat senior ASEAN bertemu hari Rabu di Phnom Penh untuk mencoba menyelesaikan serangkaian rekomendasi kepada kepala negara mereka yang bertujuan untuk menyelesaikan krisis Myanmar tetapi gagal mencapai konsensus, kata dua diplomat Asia Tenggara kepada The Associated Press, yang berbicara dengan syarat anonim untuk membahas pembicaraan pribadi tersebut.

Dilema tersebut melibatkan penyelesaian bagaimana meningkatkan tekanan pada kepemimpinan militer Myanmar untuk mematuhi rencana perdamaian tanpa harus menangguhkannya dari ASEAN, kata para diplomat.

Salah satu dari keduanya mengatakan ada proposal untuk lebih menurunkan status Myanmar dalam aspek lain dari kegiatan ASEAN di luar hanya melarang para pemimpin militer dan perwakilan politik mereka menghadiri pertemuan puncak tahunan dan pertemuan penting.

Beberapa orang telah menyarankan bahwa rencana perdamaian lima poin harus dibatalkan, tetapi Kung Phoak, seorang pejabat Kementerian Luar Negeri yang merupakan juru bicara Kamboja untuk KTT, menyarankan bahwa opsi itu tidak ada di atas meja.

"Ini adalah posisi umum di antara negara-negara anggota ASEAN bahwa konsensus lima poin harus dipertahankan," katanya kepada wartawan, menambahkan bahwa para pemimpin akan membahas masalah tersebut pada hari Jumat (11/10).

“Ke depan, saya pikir kita membutuhkan sesuatu yang konkret dalam tujuan, tetapi juga praktis, dan ada garis waktu yang jelas sehingga semua orang dapat memantau atau mengevaluasi apakah kita berada di jalur yang benar dalam hal implementasi.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home