Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:04 WIB | Jumat, 11 November 2022

Ukraina Terbuka Negosiasi dengan Rusia Jika untuk Kembalikan Perbatasan

Ukraina juga menuntut kompensasi atas serangan Rusia dan menghukum mereka yang melakukan kejahatan perang.
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy. (Foto: dok. Ist)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengatakan dia terbuka untuk melakukan pembicaraan dengan Rusia, tetapi hanya negosiasi "asli" yang akan mengembalikan perbatasan Ukraina, memberikan kompensasi atas serangan Rusia dan menghukum mereka yang bertanggung jawab atas kejahatan perang.

Pernyataan itu, yang dibuat dalam pidato hari Senin (7/11) malam, muncul beberapa hari setelah Washington Post melaporkan bahwa Washington ingin Kiev mengisyaratkan kesediaannya untuk melakukan pembicaraan, khawatir bahwa dengan tampil terlalu keras kepala, Kiev dapat membahayakan dukungan internasionalnya.

Berbicara sebelum dia akan berpidato di depan para pemimpin dunia pada KTT iklim global pada hari Selasa (8/11), Zelenskyy mengatakan: “Siapa pun yang serius dengan agenda iklim juga harus serius tentang perlunya segera menghentikan agresi Rusia, memulihkan integritas territorial kita, dan memaksa Rusia ke dalam negosiasi perdamaian sejati.”

Ukraina telah berulang kali mengusulkan pembicaraan semacam itu, tetapi “kami selalu menerima tanggapan gila Rusia dengan serangan teroris baru, penembakan atau pemerasan,” katanya.

“Sekali lagi, pemulihan integritas teritorial, penghormatan terhadap Piagam PBB, kompensasi untuk semua kerusakan yang disebabkan oleh perang, hukuman bagi setiap penjahat perang dan jaminan bahwa ini tidak akan terjadi lagi. Ini adalah kondisi yang benar-benar dapat dimengerti.”

Sejak Rusia mengumumkan pencaplokan wilayah Ukraina pada akhir September, Zelenskyy telah memutuskan bahwa Kiev tidak akan pernah bernegosiasi dengan Moskow selama Vladimir Putin tetap menjadi presiden Rusia. Pejabat Kyiv telah mengulangi posisi itu di beberapa hari terakhir, sambil mengatakan bahwa Kiev akan bersedia untuk bernegosiasi dengan penerus masa depan Putin.

"Bernegosiasi dengan Putin berarti menyerah, dan kami tidak akan pernah memberinya hadiah ini," kata penasihat Zelenskyy, Mykhailo Podolyak, dalam sebuah wawancara dengan surat kabar La Repubblica Italia yang diterbitkan pada hari Selasa (8/11).

Rusia menuntut Ukraina menyerahkan wilayah sebagai prasyarat untuk pembicaraan, yang membuat mereka tidak mungkin untuk saat ini, Podolyak mengatakan: “Masyarakat tidak akan pernah menerima ini. Tentara Rusia akan meninggalkan wilayah Ukraina, dan kemudian dialog akan datang.”

Pada hari Senin, juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengulangi posisi Moskow bahwa pihaknya terbuka untuk pembicaraan tetapi Kiev menolaknya. Moskow telah berulang kali mengatakan tidak akan bernegosiasi atas wilayah yang diklaim telah dicaplok dari Ukraina.

Pemilihan di AS dan Dukungan pada Ukraina

Pasukan Ukraina telah melakukan serangan dalam beberapa bulan terakhir, sementara Rusia berkumpul kembali untuk mempertahankan wilayah Ukraina yang masih didudukinya, setelah memanggil ratusan ribu pasukan cadangan.

Rusia telah mengevakuasi warga sipil dari daerah yang diduduki, terutama dari wilayah Kherson, Ukraina selatan, dalam operasi yang menurut Kiev termasuk deportasi paksa, sebuah kejahatan perang. Moskow mengatakan akan membawa orang ke tempat yang aman.

Pertempuran besar berikutnya diperkirakan akan terjadi di wilayah kecil yang dikuasai Rusia di tepi barat Sungai Dnipro, yang mencakup kota Kherson, satu-satunya ibu kota regional yang direbut Rusia sejak invasinya pada Februari.

Pada hari Senin, sebuah sumber mengkonfirmasi laporan bahwa Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, Jake Sullivan, telah mengadakan pembicaraan dengan para pejabat Rusia tentang mencegah eskalasi konflik. Pembicaraan itu pertama kali dilaporkan oleh Wall Street Journal. Kremlin menolak mengomentari mereka.

Gedung Putih tidak menyangkal pembicaraan tetapi mengatakan tidak akan membuat langkah diplomatik tentang Ukraina tanpa keterlibatan Kiev.

“Kami berhak untuk berbicara langsung di tingkat senior tentang masalah yang menjadi perhatian Amerika Serikat. Itu terjadi selama beberapa bulan terakhir. Percakapan kami hanya terfokus pada ... pengurangan risiko dan hubungan AS-Rusia," kata juru bicara Gedung Putih, Karine Jean-Pierre, kepada wartawan.

Amerika Serikat mengadakan pemilihan paruh waktu untuk Kongres pada hari Selasa. Meskipun sebagian besar kandidat dari kedua partai sangat kuat mendukung Ukraina, beberapa kandidat Partai Republik sayap kanan telah menyatakan keraguan tentang biaya bantuan militer AS.

Dukungan AS untuk Ukraina akan "tidak tergoyahkan dan tak tergoyahkan" terlepas dari hasil pemilihan kongres hari Selasa, kata juru bicara Gedung Putih, Jean-Pierre. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home