Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:03 WIB | Selasa, 15 Februari 2022

Ukraina Tetap Ingin Menjadi Anggota NATO, Meskipun Ada Ancaman Invasi Rusia

Ukraina Tetap Ingin Menjadi Anggota NATO, Meskipun Ada Ancaman Invasi Rusia
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, kanan, dan Kanselir Jerman Olaf Scholz menghadiri konferensi pers bersama setelah pembicaraan di Istana Mariinskyi di Kyiv, Ukraina, Senin, 14 Februari 2022. (Foto: AP/Efrem Lukatsky)
Ukraina Tetap Ingin Menjadi Anggota NATO, Meskipun Ada Ancaman Invasi Rusia
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, mengadakan konferensi pers bersama dengan kanselir Jerman di Kyiv pada 14 Februari 2022. (Foto: AFP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, mengatakan pada hari Senin (14/2) bahwa negaranya akan terus mengupayakankeanggotaan aliansi militer transatlantik NATO meskipun ada tekanan untuk menyerahkan aspirasi itu untuk menghindari perang dengan Rusia.

Utusan Ukraina untuk Inggris telah menyarankan Kiev dapat mempertimbangkan kembali tawaran NATO-nya tetapi kemudian mundur, sementara mengakui konsesi dapat ditawarkan di tengah peringatan Barat tentang kemungkinan invasi Rusia yang akan segera terjadi.

Kremlin, yang memiliki lebih dari 100.000 tentara berkumpul di perbatasan Ukraina, menyangkal berencana menyerang bekas negara Soviet itu, tetapi mengatakan pihaknya dapat mengambil tindakan "teknis militer" yang tidak ditentukan kecuali tuntutannya dipenuhi.

Itu termasuk janji dari NATO untuk tidak pernah mengakui Ukraina untuk keanggotaan, dan menarik pasukan dari Eropa Timur.

“Hari ini, banyak jurnalis dan banyak pemimpin mengisyaratkan sedikit ke Ukraina bahwa mungkin negara itu untuk tidak mengambil risiko, tidak terus-menerus mengangkat masalah keanggotaan di dalam aliansi (NATO), karena risiko ini terkait dengan reaksi Federasi Rusia,” kata Zelenskiy pada konferensi pers bersama dengan Kanselir Jerman, Olaf Scholz di Kiev.

“Saya percaya bahwa kita harus bergerak di sepanjang jalan yang telah kita pilih.” Scholz mengatakan adalah aneh bahwa Rusia harus mengangkat masalah ini mengingat hal itu tidak segera menjadi agenda.

Dia mengatakan kepada wartawan bahwa dia melihat "tidak ada pembenaran yang masuk akal" untuk penempatan pasukan perbatasan Rusia, dan bahwa Moskow harus menerima tawaran untuk membahas keamanan Eropa.

Perjalanan Scholz adalah bagian dari kesibukan diplomasi untuk meredakan krisis melalui dialog dan ancaman sanksi. Pada hari Selasa, Scholz akan terbang ke Moskow untuk bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Kanselir telah meningkatkan keterlibatan dalam krisis Ukraina selama sepekan terakhir setelah para kritikus menuduhnya kurang kepemimpinan dan sinyal campur aduk dalam salah satu krisis keamanan terburuk di Eropa dalam beberapa dasawarsa.

"Jerman berdiri tepat di sisi Anda," katanya pada hari Senin, menggarisbawahi bahwa negara itu adalah pendukung keuangan terbesar Ukraina dan mengumumkan kredit baru sebesar 150 juta euro (US$ 170 juta).

Pejabat Ukraina secara terbuka mengkritik Jerman karena menolak menjual senjata ke Kiev dan keengganan untuk menghentikan proyek pipa gas Rusia-Jerman yang kontroversial. Berlin berpendapat itu tidak bisa karena sejarah abad ke-20 yang berdarah.

Ukraina serta sekutu Barat berpendapat pipa Nord Stream 2, yang dibangun tetapi belum beroperasi, akan memungkinkan Rusia untuk memotong Ukraina dari pasokan energi Eropa dan membuatnya lebih rentan terhadap invasi Rusia.

Dalam beberapa pekan terakhir, Scholz telah memperkuat retorikanya tentang kerugian bagi Rusia dari setiap serangan baru di Ukraina. Namun dia belum berjanji untuk mengakhiri Nord Stream 2 atau mengaitkannya dengan potensi sanksi. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home