Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 11:24 WIB | Selasa, 19 Mei 2020

UKSW: Kuliah Terhambat COVID-19, Alumni FH Galang Dana

Gedung Fakultas Hukum Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga. (Foto: Fakultas Hukum Satya Wacana.WordPress.com)

SALATIGA, SATUHARAPAN.COM – Bencana nasional nonalam COVID-19 menggugah kepedulian alumni Fakultas Hukum (FH) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). Penggalangan dana yang dilakukan melalui grup-grup WhatsApp diprakarsai sejumlah dosen FH, seperti Dr Umbu Rauta, Slamet Luwihono SH, Indra Budiman SH MHum, Christiana Tri Budhayati SH MHum, Indirani Wauran SH MH, dan Ninon Melatyugra SH MH.

Indirani Wauran, dilansir situs resmi uksw.edu, pekan lalu mengemukakan kepedulian alumni FH UKSW ini ditujukan secara khusus kepada mahasiswa FH UKSW yang mengalami kesulitan sebagai dampak dari COVID-19. Program penggalangan dana yang dimulai sejak pertengahan April 2020 itu ditanggapi positif oleh alumni. Hingga dua minggu prosesnya terkumpul sejumlah dana untuk membantu mahasiswa FH UKSW yang benar-benar membutuhkan bantuan.

“Kami menyebutnya program Peduli Kasih Alumni FH UKSW. Ini merupakan salah satu bentuk ucapan syukur kami atas karunia Tuhan dengan tujuan untuk membantu kelancaran studi mahasiswa FH UKSW. Bantuan diserahkan dalam dua wujud, yakni bantuan pembayaran uang kuliah dan bantuan bahan makanan,” Indirani menambahkan.

Ia menyebut proses penyerahan bantuan diawali dengan penjaringan mahasiswa yang membutuhkan bantuan pembayaran uang kuliah melalui wali studi. Selanjutnya dilakukan verifikasi data dan konfirmasi ke orang tua mahasiswa mengenai kondisi terkini.

Dari penelusuran tersebut, diperoleh sejumlah 16 mahasiswa yang benar-benar membutuhkan bantuan pembayaran uang kuliah. Pada penggal awal Mei lalu, telah dilakukan pembayaran uang kuliah mahasiswa tersebut secara langsung ke rekening UKSW. Penyerahan bantuan dengan cara simbolik sengaja tidak dilakukan untuk mendukung program physical distancing.

“Bantuan yang kedua, diberikan dalam bentuk bahan makanan,” katanya. Pemberian bantuan dijadwalkan setiap dua minggu sekali selama tiga bulan ke depan. Pemberian secara berkala diharapkan dapat membantu mahasiwa membuat perencanaan dalam mengelola keuangan yang dimiliki,” Indirani menjelaskan.

Menariknya, Indirani menyebut saat dilakukan konfirmasi dan verifikasi data, justru sejumlah mahasiswa menolak menerima bantuan dan meminta agar bantuan diberikan untuk teman lain yang lebih membutuhkan. Dari fakta itu Indirani mengapresiasi mahasiswa FH UKSW memiliki mentalitas yang baik.  (uksw.edu)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home