Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 09:17 WIB | Senin, 25 Mei 2020

Umat Katolik Mulai Kunjungi Lapangan Santo Petrus, Vatikan

Paus Fransiskus menyampaikan berkat dari jendelanya di akhir doa siang Regina Coeli, di Lapangan Santo Petrus, di Vatikan, hari Minggu, (24/5/2020). Untuk pertama kalinya dalam beberapa bulan, umat berkumpul di St. Lapangan Petrus untuk berkat kepausan. (Foto: AP)

VATIKAN, SATUHARAPAN.COM-Publik kembali mendatangi ke Lapangan Santo Petrus, Vatikan, hari Minggu (24/5) untuk menerima restu Paus Fransiskus dari jendelanya untuk pertama kalinya dalam hampir tiga bulan ketika ia mengadakan refleksi tahunan.

Hanya beberapa puluh orang pergi ke lapangan itu, yang dibuka kembali pada hari Senin bersama dengan Basilika Santo Petrus setelah penguncian virus corona. Mereka mematuhi aturan jarak sosial dan sebagian besar mengenakan topeng.

Paus Fransiskus menyampaikan pesannya melalui internet dari perpustakaannya, ketika orang-orang di lapangan menonton di layar besar, dan kemudian pergi ke jendela untuk memberikan berkat. Dalam tiga bulan terakhir, ia telah memberikan berkat di sebuah lapangan yang  kosong.

Hari Minggu adalah ulang tahun kelima ensyclical "Laudato Si" pada kepedulian terhadap lingkungan, yang menyerukan pengurangan konsumsi bahan bakar fosil dan mendukung konsensus ilmiah bahwa sebagian aktivitas manusia harus disalahkan atas pemanasan global.

Dia mendesak umat Katolik untuk merenungkan lingkungan selama dua belas bulan ke depan, bagaimana mereka dapat melindunginya dengan lebih baik, dan bagaimana membantu mereka yang paling rentan terhadap dampak perubahan iklim.

Salam untuk Umat di China

Dia juga mengirim salam khusus kepada umat Katolik di China daratan pada hari mereka merayakan hari raya keagamaan nasional.

Umat ​​Katolik di China tumbuh dari lebih setengah abad perpecahan yang membuat mereka terpecah antara Gereja "resmi" yang didukung negara, dan Gereja bawah tanah "tidak resmi" yang setia kepada Roma.

Pada tahun 2018, Takhta Suci dan Beijing menandatangani pakta bersejarah tentang penunjukan uskup, yang berarti semua uskup mengakui otoritas Paus. Pada Juni, Vatikan meminta Beijing untuk berhenti mengintimidasi pemimpin agama yang menolak menandatangani pendaftaran resmi pemerintah.

Kesepakatan itu, yang akan diperbarui pada bulan September, telah memecah umat Katolik di China dan di seluruh dunia, dengan sejumlah kritikus mengatakan Paus menyerah pada pemerintah Komunis. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home