Loading...
RELIGI
Penulis: Prasasta Widiadi 10:03 WIB | Rabu, 20 Januari 2016

Umat Kristen Berperan Penting Bantu Pengungsi

Ilustrasi. Para pengungsi sedang berada di perahu menuju Pulau Lesbos Yunani. (Foto: AP)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM –   Wakil Moderator Komite Sentral Dewan  Gereja Dunia (WCC) Mary Ann Swenson, menjelaskan  jemaat Kristen berperan penting  dalam membantu  menanggapi krisis pengungsi.

“Peran penting ini tidak hanya umat Kristen, namun juga akan gereja,” kata Swenson seperti diberitakan Radio Vatican, dalam konferensi tingkat tinggi yang diselenggarakan oleh WCC dalam kemitraan dengan berbagai badan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), hari Selasa (19/1), di Jenewa, Swiss.

Dalam konferensi tersebut  membahas tentang peran berbagai lembaga kemitraan  dapat secara proaktif mempengaruhi,  membentuk, mengkoordinasikan tanggapan praktis dan kolektif terhadap krisis.

Menurut Radio Vatican, konferensi pers tersebut diselenggarakan  selama dua hari di Jenewa, Swiss dihadiri oleh sekitar 80 pemimpin dari pemerintah, badan-badan PBB dan puluhan lembaga swadaya masyarakat  dari negara-negara yang terkena dampak krisis pengungsi yang sedang berlangsung di Eropa, Timur Tengah dan Afrika.

Swenson mengatakan berbagai denominasi Kristen memiliki peran penting untuk bermain dalam merespon krisis pengungsi dan melakukan banyak perubahan.

“Saat ini  banyak kolaborasi lembaga gereja dan berbagai denominasi Kristen dan menekankan bahwa penting bagi pengungsi yang  mencari tanda-tanda pengharapan, karena  para pengungsi telah sangat menderita,” kata dia.

 Swenson memuji Jerman yang sangat terbuka, ramah dan murah hati.

“Saya benar-benar ingin memuji dan menyambut peran Jerman karena menjadi model untuk  negara-negara Uni Eropa lainnya,” kata dia.  (radiovaticana.va/ bbc.com)

 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home