Loading...
RELIGI
Penulis: Bob H. Simbolon 12:24 WIB | Minggu, 17 April 2016

Umat Kristen dan Hindu Mempersiapkan dan Memeriahkan MTQ di Kalteng

Bupati Kotawaringin Timur Supian Hadi (tengah) (Foto: Antara)

SAMPIT, SATUHARAPAN.COM - Umat Kristen dan Hindu ikut serta mempersiapkan dan memeriahkan pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-47 Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah cukup menyita perhatian. Selain jumlah anggotanya lebih banyak, juga tampak sebagian anggota yang mengenakan pakaian berbeda dan perempuannya tidak mengenakan jilbab seperti halnya peserta perempuan lainnya.

Bupati Kotawaringin Timur Supian Hadi mengatakan, keikutsertaan jemaat Gereja Kalimantan Evangelis Tumbang Sangai dan umat Hindu Kaharingan dalam mempersiapkan dan meriahkan MTQ merupakan kabar yang mengembirakan dan perlu diapresiasi.

"Saya dapat laporan, keikutsertaan warga non-Muslim tidak hanya saat parade malam pembukaan, tetapi juga saat persiapan. Ini kondisi kerukunan dan toleransi yang sangat menggembirakan. Ini bukti kebersamaan kuat masyarakat kita," kata Supian Hadi dalam kata sambutan pembukaan MTQ Ke-47 Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah pada hari Sabtu (16/4).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kotawaringin Timur H Samsudin mengatakan, keikutsertaan umat non-Muslim dalam acara ini atas kesadaran sendiri sebagai wujud toleransi dan dukungan mereka terhadap kesuksesan MTQ, kata .

"Ini merupakan sebuah gambaran kerukunan yang luar biasa. Mudah-mudahan Kotawaringin Timur selalu aman dan damai," harap Samsudin.

Sementara itu, Camat Telaga Antang Sutimin menyebutkan, MTQ digelar tanggal 16 hingga 20 April dengan jumlah peserta mencapai 900 orang. Mereka ditampung di 19 pemondokan yang tersebar di tiga desa. 

Perlombaan membaca kitab suci Al Quran itu digelar di lapangan sepak bola Telaga Antang, aula kecamatan, dan sejumlah masjid. 

"Mohon maaf kepada peserta yang penginapannya berjarak cukup jauh dari arena lomba," kata dia.

Acara pembukaan berjalan lancar meski malam sebelumnya lokasi acara sempat porak-poranda akibat angin kencang dan hujan deras. Acara juga dimeriahkan pasar rakyat yang diikuti 50 peserta. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home