Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 13:46 WIB | Selasa, 05 Mei 2015

UN DKI Hari Kedua Dipastikan Aman

Peserta UN SMPN 73, Jakarta sebelum mengikuti UN, Selasa (5/5). (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Memasuki hari kedua Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Pertama (SMP) di DKI Jakarta, Kepala Dinas Pendidikan Arie Budiman memastikan situasi ujian berlangsung aman dan kondusif.

Sejak hari pertama kemarin, Ari mengungkapkan belum ada laporan kebocoran soal yang terjadi. "Kami bersyukur Jakarta nggak ada laporan kebocoran. Jadi di tingkat SMP sampai hari ini kami belum terima laporan kebocoran maupun kecurangan," ujar Arie saat memantau UN di SMPN 73 Jakarta, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (5/5) pagi. 

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat juga memastikan belum mendapat laporan kebocoran soal dan kendala berat hingga hari ini. Bahkan, Wagub berharap hingga hari terakhir pada Kamis (7/5), tidak ada kendala yang dihadapi siswa maupun panitia pelaksana ujian. 

Tak hanya di Kota Jakarta, Djarot pun akan meninjau pelaksanaan UN di Kepulauan Seribu pada hari terakhir ujian dilangsungkan. 

Selama ujian, Djarot berpesan agar siswa percaya pada diri sendiri dan belajar jujur. "Anak-anak itu bukan mesin dan robot serta burung beo. Jadilah mereka diri sendiri. Guru itu tugasnya mentransfer, membuka pola pikir, memotivasi dan membuka cakrawala berpikir, membangun kerangka berpikirnya, dan dia akan kreatif untuk belajar sendiri-sendiri. Dengan cara itu maka sekolah itu bukan pabrik," kata Djarot. 

Dia berharap lembaga pendidikan bukan sebuah pabrik yang hanya memproduksi lulusan. Dia berharap sekolah adalah lembaga yang dapat menghasilkan lulusan berkarakter dengan rasa percaya diri, jujur, dan berintegritas.

Wagub dan Kadisdik pagi ini memang dijadwalkan meninjau pelaksanaan ujian di SMPN 73 Jakarta. Wagub bersama rombongan datang pukul 06.30 WIB langsung disambut pihak sekolah. Djarot pun langsung mengambil posisi di hadapan para siswa pelaksana UN untuk memberi motivasi. Menurut Djarot, SMP 73 memiliki sumber daya manusia dengam potensi yang baik.

Pada pukul 07.15 WIB, siswa berseragam putih-biru itu pun langsung berhamburan masuk ke ruang ujian sesaat setelah bel masuk berbunyi. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home