Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 18:51 WIB | Jumat, 05 Mei 2023

UNHCR Minta Negara-negara Tidak Kirim Kembali Warga Sudan Yang Mengungsi

Warga negara Amerika Serikat tiba untuk dievakuasi dari pelabuhan, saat bentrokan antara Pasukan Dukungan Cepat paramiliter dan tentara Sudan berlanjut, di Port Sudan, Sudan, 30 April 2023. (Foto: dok. Reuters)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Badan pengungsi PBB (UNHCR) pada hari Jumat (5/5) meminta pemerintah untuk mengizinkan warga sipil yang melarikan diri dari Sudan ke wilayah mereka dan tidak mengirim mereka kembali ke negara yang dilanda konflik.

“Kami menyarankan pemerintah untuk tidak mengembalikan orang ke Sudan karena konflik yang terjadi di sana dan juga menyarankan bahwa ini adalah gerakan pengungsi,” kata Elizabeth Tan, Direktur Perlindungan Internasional UNHCR, kepada wartawan dalam sebuah pengarahan di Jenewa.

“Kemungkinan ada kebutuhan perlindungan internasional tingkat tinggi di antara mereka yang melarikan diri.”

Sementara itu, Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada Kamis mengatakan sedang merencanakan arus keluar 860.000 orang dari Sudan yang dilanda konflik, menambahkan bahwa US$445 juta akan dibutuhkan untuk mendukung mereka hanya sampai Oktober.

Badan pengungsi PBB mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah menyampaikan permohonannya kepada negara-negara donor pada hari sebelumnya dan bahwa dana akan diberikan kepada orang-orang yang melarikan diri ke Chad, Sudan Selatan, Mesir, Ethiopia dan Republik Afrika Tengah setelah kekerasan meletus di Sudan pada bulan April. 15. (Reuters/AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home