Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 10:24 WIB | Selasa, 31 Agustus 2021

UNHCR: Setelah Evakuasi dari Afghanistan, Krisis Besar Dimulai

Sebuah foto dari Bulan Sabit Merah Iran pada 19 Agustus 2021, menunjukkan seorang pengungsi muda Afghanistan di perbatasan Iran-Afghanistan. (Foto: dok. AFP)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Saat evakuasi dari Kabul mulai berkurang dalam beberapa hari mendatang, "krisis yang lebih besar baru saja dimulai" di Afghanistan dan bagi 39 juta penduduknya, kata badan pengungsi PBB UNHCR pada hari Senin (30/8). Badan ini meminta dukungan untuk menghadapi masalah tersebut.

Filippo Grandi, Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi, yang lembaganya mengatakan pada Jumat lalu bahwa hingga 500.000 warga Afghanistan dapat melarikan diri pada akhir tahun. Dia mengulangi seruan agar perbatasan tetap terbuka dan agar lebih banyak negara berbagi “tanggung jawab kemanusiaan ini” dengan Iran dan Pakistan yang sudah menampung 2,2 juta warga Afghanistan.

“Pengangkutan udara dari Kabul akan berakhir dalam beberapa hari, dan tragedi yang telah terjadi tidak akan lagi terlihat. Tapi itu masih akan menjadi kenyataan sehari-hari bagi jutaan warga Afghanistan. Kita tidak harus berpaling. Krisis kemanusiaan yang jauh lebih besar baru saja dimulai,” kata Grandi dalam sebuah pernyataan. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home