Loading...
DUNIA
Penulis: Martha Lusiana 22:12 WIB | Kamis, 04 Juni 2015

Uni Eropa Lanjut Pulihkan Hubungan dengan Kuba

Kuba dan Uni Eropa tengah berdiskusi untuk memperbaiki hubungan, seiring dengan upaya Amerika Serikat (AS) juga memulihkan hubungan dengan Havana. (Foto: bbc.com)

HAVANA, SATUHARAPAN.COM – Babak baru perundingan untuk memulihkan hubungan antara Uni Eropa dan Kuba dijadwalkan akan berlangsung pada 15 hingga 16 Juni di Brussel,  Belgia, kata seorang pejabat Havana kepada AFP, Rabu (3/6).

Kuba dan Uni Eropa tengah berdiskusi untuk memperbaiki hubungan mereka, seiring dengan upaya Amerika Serikat (AS) memulihkan hubungan dengan Havana dan mengakhiri beberapa dekade permusuhan dengan negara komunis tersebut.

Kelompok Eropa, yang terdiri dari 28 negara itu, bermaksud menandatangani kerangka politik dengan Kuba untuk dialog dan kerja sama.

“Kami memiliki pendapat berbeda mengenai sejumlah isu tertentu, dibutuhkan upaya kesepakatan,” ucap Elio Rodriguez Perdomo dari Kementerian Luar Negeri Kuba.

Diskusi dengan Uni Eropa tersebut meliputi reformasi hak asasi manusia dan politik, serta bidang-bidang yang menjadi sorotan utama terhadap negara komunis itu.

Uni Eropa pada 2003 membekukan hubungan dengan Kuba setelah penindakan keras terhadap sejumlah aktivis dan wartawan. Uni Eropa memulai pembicaraan untuk memulihkan hubungan keduanya pada April tahun lalu. (AFP/Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home