Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:43 WIB | Jumat, 25 November 2022

Uni Eropa Siapkan Paket Kesembilan Sanksi terhadap Rusia

Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen. (Foto: dok.AFP)

HELSINSKI, SATUHARAPAN.COM-Uni Eropa terus maju dengan paket sanksi kesembilan terhadap Rusia sebagai tanggapan atas serangan Moskow terhadap Ukraina, kata ketua Komisi Eropa, Ursula von der Leyen, selama kunjungan ke Finlandia pada hari Kamis (24/11).

“Kami bekerja keras untuk memukul Rusia di mana menyakitkan untuk menumpulkan lebih jauh lagi kemampuannya untuk mengobarkan perang di Ukraina dan saya dapat mengumumkan hari ini bahwa kami bekerja dengan kecepatan penuh pada paket sanksi ke-9,” kata von der Leyen mengatakan pada konferensi pers.

“Dan saya yakin bahwa kami akan segera menyetujui batasan harga global minyak Rusia dengan G7 dan mitra utama lainnya. Kami tidak akan beristirahat sampai Ukraina menang atas Putin dan perangnya yang tidak sah dan biadab,” katanya.

Von der Leyen tidak memberikan perincian tentang langkah-langkah apa yang dapat dimuat dalam babak baru sanksi UE.

Serikat pekerja bulan lalu memberikan persetujuan akhir untuk sanksi kedelapan atas invasi tersebut, termasuk lebih banyak pembatasan pada perdagangan produk baja dan teknologi.

Pada konferensi pers bersama dengan perdana menteri Finlandia dan Estonia, dan wakil perdana menteri Swedia, von der Leyen mengatakan serangan Rusia terhadap infrastruktur sipil Ukraina seperti pasokan listrik merupakan kejahatan perang.

“Saya juga tahu teman-teman Ukraina kami akan mengatasi strategi ini, karena mereka kuat dan tujuan mereka adil dan kami, UE, berdiri di sini bersama mereka di masa-masa sulit ini selama dibutuhkan,” katanya.

Parlemen Eropa pada hari Rabu (23/11) menunjuk Rusia sebagai negara sponsor terorisme, dengan alasan bahwa serangan militernya terhadap sasaran sipil Ukraina seperti infrastruktur energi, rumah sakit, sekolah dan tempat penampungan melanggar hukum internasional.

Rusia menyangkal dengan sengaja menargetkan warga sipil di Ukraina tetapi mengakui kampanye serangan terhadap tenaga listrik dan infrastruktur lainnya, yang menurut Moskow ditujukan untuk mengurangi kemampuan Kiev untuk berperang dan mendorongnya untuk bernegosiasi. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home