Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 19:01 WIB | Selasa, 06 September 2022

Urmia di Iran, Danau Terbesar di Timur Tengah, Terancam Kering

Foto Danau Urmia di Iran diambil pada tahun 2011. (Foto: dok. AFP)

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM-Danau Urmia di Iran akan benar-benar kering jika upaya penyelamatan tidak diprioritaskan di atas kebutuhan petani dalam kekeringan yang melanda kawasan itu, kata seorang pejabat lingkungan, hari Selasa (6/9).

Peringatan itu datang hanya empat tahun setelah program yang didanai pemerintah Jepang telah meningkatkan harapan untuk menstabilkan apa yang pernah menjadi danau terbesar di Timur Tengah dan membalikkan salah satu bencana ekologis terburuk dalam beberapa dekade terakhir.

“Jika kuota air tidak terpenuhi dan rencana yang disetujui tidak sepenuhnya direalisasikan, danau pasti akan mengering dan tidak ada harapan untuk pulih,” kata kepala unit lahan basah departemen lingkungan, Arezoo Ashrafizadeh.

“Menurut undang-undang, kementerian energi berkewajiban untuk menyediakan kebutuhan air lingkungan Danau Urmia,” katanya kepada kantor berita ISNA, Iran.

“Tapi danau itu belum menerima hak airnya karena penurunan curah hujan di antara alasan lain.”

Ashrafizadeh mengatakan perlu ada penghentian semua pembangunan bendungan baru dan langkah-langkah untuk "menghentikan kegiatan pertanian" jika danau ingin dipulihkan.

Terletak di pegunungan barat laut Iran tidak jauh dari perbatasan Turki, Danau Urmia ditetapkan sebagai situs penting internasional di bawah Konvensi PBB tentang Lahan Basah yang ditandatangani di kota Ramsar Iran pada tahun 1971.

Danau tidak memiliki saluran keluar ke laut dan ukuran sebelumnya adalah hasil dari volume air yang mengalir ke dalamnya sesuai atau melebihi volume yang dikeluarkan oleh manusia atau menguap.

Danau itu pernah menutupi 5.000 kilometer persegi (1.930 mil persegi). Sejak 1995, jumlah itu menyusut, menurut program Lingkungan PBB, karena kombinasi dari kenaikan suhu, berkurangnya curah hujan, pembangunan bendungan, dan pertanian berlebihan.

Kekeringan telah mengancam habitat udang, flamingo, rusa dan domba liar dan menyebabkan badai garam yang mencemari kota-kota dan peternakan terdekat.

Ashrafizadeh mengatakan danau itu "belum sepenuhnya mengering, tetapi bagian utara dan selatannya telah dipisahkan dan sekitar 1.000 kilometer persegi (386 mil persegi) danau masih tersisa."

Pada tahun 2013, Iran dan Program Pembangunan PBB meluncurkan kampanye untuk menyelamatkan danau dengan dana dari pemerintah Jepang.

Rencana tersebut berhasil karena pada tahun 2017, danau tersebut meluas hingga mencapai 2.300 kilometer persegi (888 mil persegi) sebelum mulai menyusut lagi dalam menghadapi kekeringan yang berkepanjangan.

Pada pertengahan Juli, polisi menangkap beberapa orang karena “menghancurkan properti umum dan mengganggu keamanan penduduk” setelah mereka berdemonstrasi menentang pengeringan danau.

Itu adalah salah satu dari serentetan demonstrasi di Iran tahun ini menentang pengeringan sungai dan danau di daerah yang terkena dampak kekeringan di wilayah tengah dan barat.

Negara yang sebagian besar gersang, Iran menderita musim kering kronis yang diperkirakan akan memburuk dengan perubahan iklim. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home