Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 14:43 WIB | Sabtu, 01 Mei 2021

Uzbekistan Pulangkan 93 Perempuan dan Anak ISIS dari Suriah

Sejumlah perempuan berjalan melalui kamp pengungsian Al-Hol di Provinsi Hasaka, Suriah, 1 April 2019. (Foto: dok. Reuters)

TASHKENT, SATUHARAPAN.COM- Uzbekistan memulangkan 24 perempuan dan 69 anak-anak yang telah tinggal di kamp Al-Hol di Suriah bersama keluarga pejuang ISIS lainnya, kata pemerintah negara Asia Tengah itu, hari Jumat (30/4). Ini adalah pengangkutan dengan pesawat udara kelima yang dilakukan.

Pejuang Kurdi telah merebut sebagian besar wilayah Suriah utara dan timur dari kelompok ISIS, dan sejak itu menahan ribuan militan ISIS di penjara. Sementara istri dan anak-anak mereka, yang berjumlah puluhan ribu, tinggal di kamp-kamp dalam kondisi yang menurut para pejabat menyedihkan.

"Di antara perempuan itu adalah mereka yang berulang kali dipaksa menikah lagi, karena suami mereka tewas dalam konflik bersenjata," kata pemerintah dalam sebuah pernyataan.

Dalam operasi serupa sebelumnya, Tashkent memulangkan 438 perempuan dan anak-anak dari kelopok ISIS  yang berakhir di Suriah, Irak, dan Afghanistan bersama dengan suami atau ayah mereka.

Ribuan orang dari Asia Tengah yang didominasi Muslim, di mana Uzbekistan adalah salah satu negara terpadat, diyakini telah bergabung dengan ISIS, dengan para laki-laki yang sering membawa serta keluarga mereka. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home