Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 01:33 WIB | Selasa, 17 November 2020

Vaksin Tidak Cukup Mengatasi Pandemi, tetapi Melengkapi

Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus. (Foto: dok. Ist.)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Dirjen Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada hari Senin (16/11) bahwa vaksin tidak otomatis menghentikan pandemi virus corona. Pandemi menyebar beberapa bulan setelah wabah, dengan infeksi melonjak melewati angka 54 juta dan merenggut lebih dari 1,3 juta jiwa.

“Vaksin akan melengkapi alat lain yang kita miliki, bukan menggantikannya,” kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus. Vaksin saja tidak akan mengakhiri pandemi.

Angka yang dicatat WHO untuk hari Sabtu menunjukkan bahwa 660.905 kasus virus corona dilaporkan ke badan kesehatan PBB itu, menunjukkan catatan kasus baru yang tinggi.

Jumlah itu, dan 645.410 yang terdaftar pada hari Jumat, melampaui rekor tertinggi harian sebelumnya pada angka  614.013 yang tercatat pada 7 November.

Tedros mengatakan bahwa persediaan vaksin awalnya akan terbatas pada “petugas kesehatan, orang tua dan populasi berisiko lainnya (untuk) diprioritaskan. Mudah-mudahan akan mengurangi jumlah kematian dan memungkinkan sistem kesehatan untuk mengatasinya." (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home