Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:31 WIB | Minggu, 03 Oktober 2021

Varian Delta Berdampak Lebih Buruk pada Perempuan Hamil

Perempuan hamil disuntik vaksin COVID-10. (Foto: dok. Reuters)

SATUHARAPAN.COM-Dibandingkan dengan kasus virus corona sebelumnya dalam pandemi, infeksi oleh varian Delta menyebabkan situasi yang lebih buruk bagi perempuan hamil yang tidak divaksinasi, menurut data baru.

Dokter mempelajari 1.515 perempuan hamil dengan COVID-19 yang menerima perawatan dari sistem kesehatan masyarakat besar di Dallas dari Mei 2020 hingga 4 September 2021.

Secara keseluruhan, 82 perempuan,  81 di antara mereka tidak divaksinasi, mengalami penyakit parah, termasuk 10 yang membutuhkan ventilator dan dua yang meninggal.

Proporsi kasus parah atau kritis di antara perempuan hamil adalah sekitar lima persen hingga awal 2021, dan "sebagian besar tidak ada" pada Februari dan sebagian besar pada Maret 2021, kata para peneliti dalam sebuah pernyataan.

Pada akhir musim panas, selama puncak lonjakan varian Delta, proporsi pasien hamil COVID-19 yang membutuhkan rawat inap melonjak menjadi 10 persen hingga 15 persen, mereka melaporkan dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology.

Perempuan hamil menghadapi risiko lebih besar untuk komplikasi dengan semua jenis infeksi pernapasan parah, sehingga temuan risiko yang lebih tinggi dari varian Delta ini semakin menekankan perlunya mereka mendapatkan vaksinasi untuk COVID-19, kata pemimpin studi Dr. Emily Adhikari dari University of Texas Southwestern Medical Center, dalam sebuah pernyataan.

Pada hari Rabu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menyerukan "tindakan segera" untuk meningkatkan vaksinasi COVID-19 di antara orang-orang yang sedang hamil, baru saja hamil, termasuk mereka yang sedang menyusui, atau yang mungkin merencanakan hamil di masa depan, dengan mengatakan “manfaat vaksinasi lebih besar daripada risiko yang diketahui atau potensial.” (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home