Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 23:45 WIB | Kamis, 30 April 2015

Vietnam Peringati 40 Tahun Kejatuhan Saigon

Para tentara berpakaian seperti tentara Vietkong era Perang Vietnam berbaris dalam parade peringatan 40 tahun jatuhnya Saigon (yang saat ini adalah Ho Chi Minh City) di Ho Chi Minh City, 30 April 2015. Vietnam memperingati 40 tahun jatuhnya Saigon pada 30 April dengan menggelar parade militer besar untuk merayakan peristiwa ketika pasukan komunis mengakhiri konflik selama puluhan tahun dan mengirim pukulan menyakitkan bagi prestise moral dan militer Amerika. (Foto: AFP)

HO CHI MINH, SATUHARAPAN.COM - Vietnam pada Kamis (30/4) memperingati 40 tahun kejatuhan Saigon dengan parade militer besar-besaran, merayakan momen saat pasukan komunis mengakhiri konflik yang berlangsung selama puluhan tahun dan menjati pil pahit bagi moral Amerika dan militer kebanggaannya.

Kota yang merupakan pusat bisnis di Vietnam selatan tersebut dijaga ketat menjelang parade peringatan ketika sejumlah tank mendobrak gerbang Istana Kepresidenan di bekas ibu kota Vietnam Selatan tersebut – sekarang bernama Ho Chi Minh.

“Hari itu rekan saya dan saya bersuka cita saat negara kami berhasil dibebaskan sepenuhnya dan kami meraih kebebasan serta kemerdekaan,” ujar veteran Le Cong Bui (63), yang berencana menghadiri parade, kepada AFP. 

Pihak Vietnam utara yang meraih kemenangan berhasil menyatukan negara itu di bawah pemerintahan komunis setelah perang yang sangat destruktif dan menguras Vietnam, menewaskan jutaan rakyatnya sekaligus 58.000 tentara Amerika.

Konflik itu juga sangat memecah AS dan masih menghantui negara tersebut. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home