Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 20:42 WIB | Sabtu, 19 Juni 2021

Virus COVID-19 Menyerang “Otak Cerdas” Perguruan Tinggi di India

Virus COVID-19 Menyerang “Otak Cerdas” Perguruan Tinggi di India
Seorang kerabat berdiri di samping makam Dr. Jibraeil, asisten profesor sejarah di Aligarh Muslim Uliversity (AMU), yang meninggal karena COVID-19, di Aligarh, India, hari Sabtu (12/6). Dalam waktu satu bulan, halaman Facebook resmi dari Universitas Muslim Aligarh, salah satu yang paling top di India, menerbitkan sekitar dua lusin obituari para gurunya, semuanya meninggal karena pandemi. Di seluruh negeri, kematian para pendidik selama gelombang dahsyat pada bulan April dan Mei telah membuat mahasiswa dan anggota staf berduka dan komunitas universitas terguncang. (Foto-foto: AP/Manoj Aligadi)
Virus COVID-19 Menyerang “Otak Cerdas” Perguruan Tinggi di India
Seorang kerabat memegang foto Dr. Jibraeil, asisten profesor sejarah di Aligarh Muslim Uliversity, yang meninggal karena COVID-19, di Aligarh, India.
Virus COVID-19 Menyerang “Otak Cerdas” Perguruan Tinggi di India
Pemandangan Universitas Muslim Aligarh (AMU) di Aligarh, India.

SRINAGAR, SATUHARAPAN.COM-Sajad Hassan duduk di samping tempat tidur rumah sakit profesornya selama tiga malam, melakukan sebagian besar pembicaraan ketika teman dan mentornya bernapas melalui masker oksigen dan berjuang dengan dugaan infeksi COVID-19.

Keduanya yakin akademisi berusia 48 tahun itu akan segera pulang, sampai tes virus corona kembali menunjukkan hasil positif dan dokter memerintahkannya pindah ke bangsal isolasi, yang dikenal oleh banyak orang di rumah sakit universitas sebagai "ruang gelap," karena sangat sedikit yang masuk, dan akan keluar dalam keadaan hidup.

“Saya bisa melihat ketakutan di matanya,” kenang Hassan. Dua hari kemudian Dr. Jibraeil meninggal, salah satu dari hampir 50 profesor dan staf non-pengajar di AMU (Universitas Muslim Aligarh) di Srinagar. Ini adalah salah satu universitas top India, yang menjadi korban virus corona saat virus itu menyebar ke seluruh negeri pada bulan April dan Mei.

Tragedi AMU terulang di seluruh India ketika sekolah mengalami pukulan serupa terhadap fakultas mereka, dan itu berarti hilangnya pengetahuan mereka, dan dalam banyak kasus persahabatan dan bimbingan, telah menghancurkan komunitas akademik. “Virus itu merenggut pikiran kita yang paling cerdas,” kata Shafey Kidwai, juru bicara AMU.

Salah Satu Universitas Tertua

Salah satu universitas tertua di India, AMU telah menghasilkan generasi politisi, ahli hukum, dan cendekiawan. Universitas telah menjadi pusat pendidikan modern bagi banyak Muslim di anak benua India dan tempat lahir intelektual bagi masyarakat. Itu terutama didirikan untuk mendidik Muslim India, yang sekarang membentuk sekitar 14% dari populasi negara itu.

Selama dua bulan terakhir, surat kabar lokal dan halaman Facebook universitas dipenuhi dengan berita kematian para profesornya, semuanya hilang karena pandemi: Ahli zoologi yang ”menyentuh kehidupan satu generasi murid-muridnya”. Dia adalah "seorang dokter, guru, dan manusia yang luar biasa, yang membimbing banyak generasi."

Ada professor psikolog dengan "kehadirannya yang bersemangat" dan "dikenal karena melakukan penelitian berkualitas tinggi." Dan juga Jibraeil, asisten profesor sejarah yang hanya memiliki satu nama, adalah "guru yang berdedikasi, yang mencintai pekerjaannya dan sangat peduli dengan mahasiswa."

Pada puncak gelombang, Kidwai ingat melihat rekan-rekannya dibawa dengan ambulans ke rumah sakit; beberapa dari mereka kembali untuk dimakamkan di kuburan kampus berusia lebih dari satu abad itu, yang kehabisan ruang, dan kuburan baru harus digali di atas kuburan lama. "Itu sangat mengerikan," katanya.

Virus Juga Menyerang Kampus

Belum ada hitungan resmi berapa banyak profesor yang meninggal selama pandemi, tetapi banyak universitas top India telah melaporkan situasi yang serupa dengan yang terjadi di AMU. Universitas Delhi, di ibu kota India, dan perguruan tinggi yang berafiliasi kehilangan 35 guru. Di Jamia Millia Islamia, universitas lain di ibu kota, empat profesor dan 15 anggota staf terjangkit virus.

Pandemi ini sama-sama menghancurkan pada guru sekolah negeri di beberapa daerah. Lebih dari 1.600 orang meninggal di Uttar Pradesh, salah satu dari 28 negara bagian di India, di mana banyak yang diperkirakan terinfeksi setelah dipaksa menjadi staf tempat pemungutan suara, karena keberatan mereka, untuk pemilihan yang diadakan selama lonjakan jumlah kasus.

Para akademisi hanyalah sebagian kecil dari adegan mengerikan yang terjadi di seluruh India pada bulan April dan Mei ketika sistem kesehatannya runtuh di bawah lonjakan kasus yang tiba-tiba dan parah yang membuat pemerintah tidak siap.

Beberapa meninggal di ambulans. Mereka yang berhasil sampai ke rumah sakit sering kali terengah-engah di tengah kekurangan oksigen dan ventilator yang dramatis. Krematorium membakar mayat siang dan malam, kadang-kadang di tumpukan kayu di luar fasilitas mereka yang kewalahan.

Lebih dari 180.000 orang meninggal dalam dua bulan itu, hampir setengah dari 383.490 kematian yang dikonfirmasi di India sejak awal pandemi.

 

Karena lonjakan telah berkurang dalam beberapa pekan terakhir, otoritas AMU dan siswa mulai menilai buku besar kerugian yang mereka alami.

Mereka mengatakan kematian para pendidik telah meninggalkan kekosongan, dan kesedihan mereka telah diperburuk oleh isolasi yang disebabkan oleh pandemi, dengan peringatan kuliah ditunda tanpa batas waktu atau diadakan secara virtual.

“Kami ingin merayakan kehidupan mereka yang hilang, tetapi seluruh universitas kosong,” kata Kidwai dari AMU. “Tanpa itu, saya rasa, mahasiswa akan merasakan kehilangan yang berkepanjangan.” Dengan universitas yang masih tutup, situasinya membuat banyak mahasiswa bergulat dengan ketidakpastian.

Pada hari yang sama ketika Jibraeil meninggal, mahasiswa doktoral AMU, Shah Mehvish, mengetahui pembimbing tesisnya, Sajid Ali Khan yang berusia 63 tahun, juga meninggal setelah terinfeksi.

Mahasiswa 28 tahun, salah satu dari enam kandidat Ph.D di tahun keempatnya meneliti psikologi klinis, mengatakan dia menangis dan merasa mati rasa ketika dia mengetahui kematiannya. “Kehilangannya telah meninggalkan kekosongan di hati saya yang sulit untuk diisi,” katanya.

Sekarang, beberapa pekan kemudian, dia merenungkan tantangan dalam menyelesaikan penelitiannya tanpa pengawasan Khan, yang telah membuatnya “merasa cemas.”

“Hubungan kooperatif antara guru dan peneliti membutuhkan banyak waktu dan tenaga,” katanya. "Saya tidak tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membiasakan diri dengan panduan baru."

Bagi Hassan, yang juga bekerja untuk meraih gelar Ph.D, Jibraeil lebih dari sekadar mantan profesor sejarahnya. Keduanya telah mengembangkan persahabatan yang erat sejak pertemuan pertama sekitar lima tahun lalu ketika Hassan masih sarjana dan Jibraeil adalah gurunya.

Selama bertahun-tahun, sang profesor telah berusaha keras untuk membantu Hassan, meminjamkannya buku, membimbingnya dalam penelitiannya tentang sejarah India modern, dan bahkan membantunya dengan pinjaman keuangan.

Di masa-masa biasa, penguburan seorang profesor populer seperti Jibraeil akan membawa ratusan orang ke kuburan tepat di kampus universitas. Tetapi karena penguncian pandemi, orang-orang dilarang berkumpul seperti itu, termasuk istri Jibraeil, Falak Naaz, dan dua anaknya yang masih kecil.

Setelah shalat jenazah wajib Muslim yang dihadiri oleh beberapa lusin teman dan kolega, semuanya diantar keluar dari pemakaman. Putus asa untuk memberikan salam terakhirnya, Hassan menawarkan diri untuk membantu penguburan, membantu menurunkan tubuh Jibraeil ke dalam kuburnya. "Saya berutang padanya," kata Hassan.

Sendirian di pemakaman pada malam musim panas yang panas, dengan hanya ulama Muslim yang memberikan upacara terakhir dan tiga petugas medis yang menemani jenazah dari kamar mayat rumah sakit, Hassan mengucapkan salam perpisahan terakhirnya. “Saya belum pernah melihat pemakaman yang sunyi dan sepi seperti ini,” kata Hassan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home