Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 12:17 WIB | Selasa, 16 Agustus 2022

Wabah Cacar Monyet Tembus 10.000 Kasus di AS

Kalangan kritikus mengatakan otoritas AS bertindak terlalu lambat dan tidak dapat memenuhi permintaan vaksin saat jumlah kasus terus bertambah. HO.

LOS ANGELES, SATUHARAPAN.COM - Jumlah kasus terkonfirmasi cacar monyet di Amerika Serikat (AS) menembus angka 10.000, tepatnya 10.392 kasus, pada Rabu (10/8), menurut data terkini yang dirilis Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC).

Data badan kesehatan masyarakat nasional di negara tersebut, menunjukkan bahwa 1.391 kasus terkonfirmasi cacar monyet dilaporkan pada Rabu (10/8).

Ini pertama kalinya CDC melaporkan lebih dari 1.000 kasus cacar monyet dalam sehari sejak kasus pertama dilaporkan pada 17 Mei.

Kasus terkonfirmasi di AS masih menyumbang hampir 30 persen dari total kasus global yang sejauh ini berada di angka 31.800 kasus, padahal jumlah populasi negara tersebut hanya kurang dari 5 persen dari populasi dunia.

Pemerintahan Biden pada Kamis (4/8) pekan lalu mengumumkan cacar monyet sebagai darurat kesehatan publik, lebih dari sepekan setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan wabah cacar monyet sebagai darurat global.

Kalangan kritikus mengatakan otoritas AS bertindak terlalu lambat dan tidak dapat memenuhi permintaan vaksin saat jumlah kasus terus bertambah.

Senator Negara Bagian California Scott Wiener mengatakan pemerintah federal seharusnya dapat menyimpan persediaan vaksin Jynneos, vaksin cacar atau variola yang terbukti efektif untuk cacar monyet. (Xinhua)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home