Loading...
SAINS
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 10:19 WIB | Senin, 18 Juli 2016

Wagub DKI Imbau Siswa Kenal Lingkungan Sekolahnya

Ilustrasi. Siswa Sekolah Dasar sedang bersiap ikuti upacara di sekolah. (Foto: Dok. satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengimbau para siswa yang baru masuk sekolah untuk mengenal lingkungan sekolah barunya dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah pada upacara gabungan SMA Negeri 70 dan SMA Negeri 6.

"Masa pengenalan lingkungan sekolah adalah kegiatan awal untuk saling mengenal, menumbuhkan rasa kekeluargaan bagi seluruh warga sekolah," kata Djarot di hadapan para siswa kelas X tahun ajaran 2016/2017, Senin (18/7).

MPLS harus menjadi sarana bagi siswa baru untuk secara positif mengenal profil lingkungan sekolah, program dan  peraturan serta budaya sekolah agar kegiatan belajar dan mengajar dapat berjalan baik.

"Kalian harus menyenangi lingkungan, mengetahui hak dan kewajiban sebagai siswa," kata Djarot.

Ia tidak ingin MPLS berubah menjadi perploncoan yang memberikan tugas-tugas tidak masuk akal apalagi melibatkan kekerasan fisik maupun psikis.

Hari Senin (18/7), seluruh siswa baru SMA 70 maupun mengenakan seragam putih-biru dan tidak terlihat mengenakan atribut di luar seragam.

Djarot menambahkan di masa lalu, ia masih melihat ada siswa yang mengenakan tas dari kantong plastik dan sepatu yang berlainan jenis di kaki kanan dan kiri, ia menyebutnya sebagai tindakan yang tidak bermanfaat.

"Itu bukan untuk menumbuhkan rasa berani dan percaya diri, justru mempermalukan."

Selain itu, ia berharap kasus kekerasan dan penindasan, yang pernah terjadi di kedua sekolah tersebut tidak lagi terulang.

"Berbagai pengalaman masa lalu sudah ditutup dan tidak ada lagi. Tidak ada lagi tawuran, bullying, stop, selesai. Tindakan itu akan menyakiti kita semua. Mari melalui MPLS saling menghormati, menyayangi," kata dia. (Ant)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home